Promo! cukup bayar $10 anda akan mendapatkan backlink Do-Follow selamanya. Get now!

Ukuran Iklan AdSense CPC Tinggi

Pemilihan ukuran iklan AdSense CPC tinggi akan berpotensi terhadap perolehan CTR dan penawaran CPC yang bernilai tinggi dari Google AdSense.
Ukuran Iklan AdSense CPC Tinggi - Nurul Huda

Halo, pada postingan artikel hari ini Nurul Huda ID akan mengulas sedikit tentang Google Adsense yaitu : platform periklanan paling populer hingga saat ini. Jika anda belum mengenal tentang apa itu Adsense dan tertarik untuk menggunakan layanannya anda dapat membaca kembali artikel Nurul Huda ID sebelumnya di sini : Cara Daftar Google AdSense untuk Blog Lengkap

Ide penulisan artikel ini adalah sebagai jawaban atas pertanyaan bagaimana cara mengoptimalkan CPC iklan Adsense? dari beberapa pengunjung setia Nurul Huda ID.

Sebenarnya ada banyak faktor yang memungkinkan seseorang / blogger mendapatkan CPC tinggi, misalnya karena faktor performa dari blog itu sendiri, kualitas konten yang di publish, asal pengunjung, ukuran iklan, dll.

Dari sekian banyak faktor tersebut, pada artikel ini akan kami fokus terlebih dahulu pada ulasan bagaimana cara mengoptimalisasi ukuran iklan Adsense agar mendapatkan CPC tinggi.

Kenapa ukuran iklan Adsense perlu dioptimalisasi? Karena tidak semua advertiser / pengiklan menyukai semua jenis ukuran iklan yang ada. Mereka tentu akan memilih jenis ukuran iklan yang benar-benar bagus untuk menampilkan produk mereka. Dan sebagai seorang publisher / penerbit anda harus mengetahui hal tersebut agar pendapatan yang diperoleh dari iklan juga dapat maksimal.

Berikut beberapa jenis ukuran iklan adsense yang paling diminati oleh para advertiser / pengiklan.

1. 300×250 (Medium Rectangle)
Jenis iklan medium rectangle, menjadi urutan pertama yang paling diminati oleh advertiser / pengiklan karena format iklan jenis ini lebih fleksibel mendukung iklan gambar dan teks, dan memungkinkan untuk ditempatkan di mana saja tanpa mengganggu pengunjung blog.

2. 336×280 (Large Rectangle)
Jenis iklan large rectangle menempati posisi kedua setelah medium rectangle karena walaupun large rectangle memungkinkan untuk dapat menampilkan jenis iklan dengan ukuran 320×250 yang dapat membuat tingkat persaingan iklan menjadi lebih ketat tetapi jenis iklan ini terlihat lebih besar dan kurang fleksibel untuk sidebar situs web / blog yang belum mobile friendly atau pengoptimalan versi seluler.

3. 728×90 (Leaderboard)
Jenis ukuran iklan leaderboard menempati urutan ketiga karena posisinya yang memungkinkan untuk diletakkan pada header situs web / blog dan tempat tersebut merupakan tempat yang ideal bagi advertiser / pengiklan yang ingin menonjolkan produknya. Namun kelemahannya adalah ukuran iklan ini tidak cocok untuk pengguna seluler.

4. 300×600 (Large Skyscraper)
Jenis iklan large skyscraper menempati posisi keempat karena sangat cocok untuk advertiser / pengiklan yang ingin mengomunikasikan pesan produk iklan mereka secara efektif. Namun, ukurannya tidak mendukung untuk semua situs web / blog.

5. 320×100 (Large Mobile Banner)
Jenis iklan large mobile banner menduduki posisi kelima karena posisi idealnya untuk ditempatkan tepat di bawah header versi seluler. Jenis iklan ini telah mendapatkan inventaris iklan yang lebih baik.

6. 320×50 (Mobile Leaderboard)
Jenis iklan mobile leaderboard menempati posisi keenam karena ukurannya yang lebih kecil di bandingkan large mobile banner. Namun demikan, jenis iklan ini tidak terlalu mengganggu pengunjung situs web / blog dan memberikan pengalaman iklan yang lebih baik untuk perangkat seluler yang memiliki ukuran lebih kecil.

7. 160×600 (Wide Skyscraper)
Jenis iklan wide skyscraper memang didesain khusus untuk ruang yang sempit. Jenis iklan ini menduduki posisi ketujuh karena kelebihannya yang tidak terlalu mengganggu dan lebih fleksibel terhadap semua situs web / blog.

8. 300×1050 (Portrait)
Jenis ukuran portrait menduduki posisi kedelapan karena ukurannya yang memiliki ruang besar sangat memungkinkan untuk advertiser / pengiklan mengkomunikasikan iklannya secara lebih detail. Namun demikian jenis iklan ini membutuhkan pengalaman khusus agar penempatannya tidak mengganggu pengunjung situs web / blog.

9. 970×250 (Billboard)
Jenis ukuran iklan billboard menduduki posisi kesembilan walaupun jenis iklan ini memiliki ukuran yang sangat besar namun hanya cocok untuk ditampilkan di versi desktop saja.

Tips Cara Memanfaatkan Space Iklan di Situs Web / Blog

Berikut adalah beberapa tips berdasarkan pengalaman Nurul Huda ID untuk memaksimalkan pendapatan melalui adsense.

  1. Eksperimen - Melakukan uji format, ukuran, dan penempatan iklan yang terbaik berdasarkan web / blog yang dikelola untuk mencari informasi tentang format, ukuran dan penempatan iklan yang memberikan CTR dan CPC iklan yang lebih baik.
  2. Menampilkan beberapa jenis ukuran iklan – Karena google adsense memungkinkan untuk menampilkan beberapa unit iklan dalam satu halaman maka tidak ada salahnya melakukan hal tersebut untuk menguji kombinasi iklan mana yang paling cocok untuk situs web / blog.
  3. Utamakan kenyamanan pengunjung - walaupun pendapatan dari iklan itu penting namun kenyamanan pengunjung lebih penting tampa mereka sebaik apapun iklan tidak akan ada artinya.
  4. Optimalkan kinerja situs web / blog – Yang tidak kalah penting juga adalah melakukan pengoptimalan terhadap situs web / blog baik itu dari sisi SEO maupun dari sisi kualitas kontenya juga karena itu secara tidak langsung juga akan mempengaruhi terhadap jumlah CTR dan daya tawar CPC dari AdSense.

Demikianlah ulasan singkat Nurul Huda ID tentang optimalisasi ukuran iklan akan mendapatkan CTR dan CPC bernilai tinggi. Semoga artikel ini dapat membantu teman - teman untuk menemukan ukuran dan format iklan Google AdSense yang berkinerja tertinggi. Terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini sampai akhir. Dan Tim kami selalu mendoakan yang terbaik untuk Anda.

Perhatian:Ulasan ini, sewaktu-waktu dapat tidak sama persis atau bahkan mungkin berbeda dari informasi yang terbarukan oleh penyedia situs itu sendiri. Sangat di sarankan juga untuk membaca informasi dari sumber resminya di sini: Google AdSense

Diperbolehkan bagi anda yang ingin menyalin artikel yang ada diblog ini, dengan syarat mencantumkan sumbernya berupa link aktif yang merujuk pada konten aslinya. Blog anda tidak akan dihapus, deindex dan adsense anda tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya.

Pendapatku yang benar tapi bisa jadi salah dan pendapat selainku itu salah tapi bisa jadi benar.

2 komentar

  1. Ini bagusnya di kombinasiin sama ikan otomatis mas? iklan otomatis sm manual gimana ya?
    1. itu lebih jos mas