Analysis of the Factors that Influence Consumers in Making Decisions to Buy Printed Books of Beirut

Secara simultan faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Santri Pondok Pesantren HY
Analysis of the Factors that Influence Consumers in Making Decisions to Buy Printed Books of Beirut

This study aims to analyze the influence of consumer behavior consists of cultural, social, personal and psychological factors partially and simultaneously on the decision of the student of islamic boarding school of Haji Ya'qub in buying printed books of Beirut. The method used by researchers in this research is descriptive quantitative with multiple linear regression analysis techniques. The sample used is 40 respondents, using probability sampling technique with the method of Systematic Random Sampling. The results of this study can be concluded that the cultural, social and personal variables partially have a positive and significant effect on the students of Islamic Boarding School of Haji Ya'qub in buying printed books of Beirut. Meanwhile, the psychology variable has a positive but insignificant effect. Simultaneously cultural, social, personal and psychological factors have a positive and significant influence on the decision of the student of islamic boarding school of Haji Ya'qub to buy printed books of Beirut.

Keywords : Culture, Social, Personal, Psychology, Consumer Behavior

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara parsial dan simultan terhadap keputusan Santri Pondok Pesantren Haji Ya’qub dalam membeli kitab cetakan Beirut. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Kuantitatif Deskriptif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden, menggunakan teknik probability sampling dengan metode Systematic Random Sampling. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel Budaya, Sosial dan Pribadi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap santri Pondok Pesantren Haji Ya’qub dalam membeli kitab cetakan Beirut. Sedangkan variabel Psikologi memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan. Secara simultan faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Santri Pondok Pesantren Haji Ya’qub dalam membeli kitab cetakan Beirut.

Kata Kunci : Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologi, Perilaku Konsumen

Analysis of the Factors that Influence Consumers in Making Decisions to Buy Printed Books of Beirut.Pdf 200kb

Referensi:
Alma, B. (2004). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Alfabeta, Bandung.
Amperaningrum, I., & Putri, A. (2013). Faktor-Faktor Psikologis yang memengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua di Kota Bekasi. Prosiding PESAT, 5.
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayu, N. D. D., & Widiastuti, T. (2011). Pengaruh Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi dan Psikologi terhadap Perilaku Pembelian. Jurnal Ilmiah Aset, 13(2), 165-174.
Ditpdpontren. (2020). Pondok Pesantren Haji Ya'qub Lirboyo Kediri Diakses melalui https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp//loadpp?loadpp=&id_provinsi=35&page=901
Huda, N., (2020). Indikator Keputusan Pembelian Konsumen Diakses melalui: https://www.nurulhuda.id/2020/05/indikator-keputusan-pembelian-konsumen.html
Huda, N., & Ismawardi, D. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Terubuk Kabupaten Bengkalis. Bertuah: Jurnal Syariah dan Ekonomi Islam, 1(2).
Jariah, A. (2012). Analisis Faktor-faktor pribadi yang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor yamaha di Lumajang. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, 2(2).
Kotler, P. (2007). Marketing management. pearson italia Spa.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
Lastari, S., & Iswanto, I. (2010). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Adem Sari di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta Tahun 2009. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 6(13).
PPHY Ampueh. (2013). Diakses melalui: http://ponpeshy.blogspot.com/2013/03/
Priyono, E. (2007). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih kafe di Kota Surakarta. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(1), 49-65.
Sanusi, A. (2003). Metodologi Penelitian Praktis Untuk Ilmu Sosial dan Ekonomi. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Penerbit Buntara Media. Malang.
Sayed, A., & Ibrahim, A. (2018). Recent developments in systematic sampling: a review. Journal of Statistical Theory and Practice, 12(2), 290-310.
Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Stanton, W. J., Etzel, M. J., Walker, B. J., Báez, E. P., & Martínez, J. F. J. D. (2004). Fundamentos de marketing.
Swasta, Basu dan Handoko, T. Hani. (2000). Manajemen Barang dalam Pemasaran. Cetakan Kedua BPFE, Yogjakarta.
Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Penerbit. Andy. Yogyakarta.
UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Direktorat Perlindungan Konsumen Republik Indonesia.