Tips Menjalankan Usaha Bisnis di Masa Pandemi Covid - 19

Agar usaha bisnis tetap berjalan di masa pandemi covid - 19, tidak hanya aktivitas keseharian saja yang perlu beradaptasi dengan kondisi pandemi
Gambar Tips Menjalankan Usaha Bisnis di Masa Pandemi Covid 19 - Nurul Huda redesain Dok. belldavispitt.com

Musibah pandemi covid - 19 telah membawa dampak terhadap perekonomian dunia termasuk Indonesia, di beritakan dari situs media elektronik Merdeka bahwa Indonesia telah mengalami kerugian yang sangat luar biasa Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan kerugian Indonesia mencapai kurang lebih 1.356 Triliun.

Pertumbuhan perekonomian domestik tahun 2020 terkonstraksi hanya 2.1 persen dari target 5.3 persen, banyaknya pengusaha yang merasa terpukul dan tidak mampu bertahan akibat musibah pandemi covid - 19.

Pada kesempatan ini Nurul Huda ID akan mencoba memberikan Tips menjalankan Usaha Bisnis di masa pandemi covid - 19. Tidak semudah membalikan telapak tangan memang untuk dapat menjalankan usaha bisnis di tengah - tengah situasi pandemi covid - 19 seperti ini. Dibutuhkan keberanian dan tindakan ekstra agar usaha bisnis tetap berjalan.

Untuk mempersingkat bahasan, langsung saja disimak beberapa tips yang mungkin dapat membantu supaya usaha bisnis tetap bertahan dan berjalan di masa situasi pandemi covid - 19.

Pertama: Mau beradaptasi.
Agar usaha bisnis tetap berjalan di masa pandemi covid - 19, tidak hanya aktivitas keseharian saja yang perlu beradaptasi dengan kondisi pandemi, pelaku usaha bisnis juga harus demikian harus mampu adaptasi terhadap terhadap kondisi dan perubahan perilaku masyarakat.

Orang bijak bestari pernah mengatakan: jika anda tidak mampu menandingi kekuatan lawan, maka segera bergabunglah, strategi tersebut juga dapat diterapkan dalam dunia bisnis seperti sekarang ini, jika dirasa tidak mampu melawan kekuatan perubahan yang sedang terjadi maka solusi terbaiknya adalah beradaptasi dengannya.

Sebagai pelaku usaha bisnis jangan pernah takut untuk beradaptasi dengan perubahan situasi yang sedang terjadi ingatlah kata - kata filsuf dari seorang panglima jenderal militer China yang jenius Sun Tzu. Ia pernah mengatakan dalam bukunya The Art of War bahwa Di tengah - tengah kekacauan, juga ada kesempatan. Jadi carilah kesempatan itu dan jangan disia - siakan.

Kedua: Jangan takut untuk mencoba hal yang baru.
Tidak mudah memang untuk mencoba suatu hal yang masih baru apalagi posisi sebelumnya sudah berada di zona nyaman dibutuhkan sebuah pemikiran dan biaya yang tidak sedikit. Namun, dalam situasi pandemi seperti sekarang, para pelaku usaha bisnis dituntut berani berinovasi dengan cara mencari ide baru atau melakukan sebuah terobosan yang mungkin sebelumnya tidak biasa bahkan tidak pernah dilakukan.

Melakukan usaha bisnis yang tidak biasa bahkan tidak pernah dilakukan sama sekali sebelumnya memang sulit, menuntut pelaku usaha bisnis untuk mau belajar lebih banyak lagi dan menentukan strategi usaha / bisnis baru. Namun, percayalah bahwa setiap 1 kesulitan pasti akan melahirkan minimal 2 kemudahan sebagaimana firman tuhan: "Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan" dan diulang kembali "Sesungguhnya besera kesulitan itu ada kemudahan".

Ketiga: Manfaatkan teknologi digital.
Para pelaku usaha bisnis harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mencari peluang dan mengembangkan usaha bisnisnya. Jika tidak maka akan usaha bisnisnya akan tertinggal dan tidak akan mampu bersaing.

Manfaatkanlah teknologi sebagai sarana untuk mendapatkan konsumen, mempromosikan produk, memberikan layanan konsumen dan lain sebagainya. Jangan takut untuk menggunakan teknologi dalam usaha bisnis karena sebenarnya teknologi membantu peran paran pelaku usaha bisnis jika dikelola dengan baik.

Cukup sampai disini tips Menjalankan Usaha Bisnis di Masa Pandemi Covid - 19 dari Nurul Huda ID, jika anda memiliki pengalaman atau kritik dan saran terkait tips menjalankan usaha bisnis dimasa pandemi silahkan hubungi kami di melalu form kontak atau kolom komentar dibawah ini. Silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih

Diperbolehkan bagi anda yang ingin menyalin artikel yang ada diblog ini, dengan syarat mencantumkan sumbernya berupa link aktif yang merujuk pada konten aslinya. Blog anda tidak akan dihapus, deindex dan adsense anda tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya.