Perbedaan Istilah Coin dan Token dalam Aset Cryptocurrency

Coin merupakan sebuah aset cryptocurrency yang berjalan pada blockchain-nya sendiri. Sedangkan token tidakditerbitkan diatas blockchainya sendiri
Redesain Foto Dokumentasi - CoinSwitch.co

Banyaknya informasi tentang cryptocurrency dari berbagai media online kadang - kadang kita menemukan istilah - istilah yang kita anggap memiliki arti atau makna yang sama padahal sebenarnya berbeda. Misalnya pada istilah coin dan token Kedua istilah tersebut banyak yang mengasumsikan memiliki arti sama. Sebenar keduanya memiliki perbedaan dari definisinya cara pembuatan, kegunaan dan tujuannya. Mari kita simak bersama - sama tentang perbedaan coin dan token dibawah ini.

Perbedaan Coin dan Token

Coin merupakan sebuah aset cryptocurrency yang berjalan pada blockchain-nya sendiri. Misalnya Coin Bitcoin, (BTC) yang berjalan di atas blockchain Bitcoin, Coin Ethereum, (ETH) yang berjalan pada blockchain Ethereum, atau Coin Tron, (TRX) yang bejalan diatas jaringan Tron.

Sedangkan token merupakan sebuah aset crypto yang tidak diterbitkan diatas blockchainya sendiri tetapi token tersebut dibuat diatas blockchain tertentu karena ada sebuah project tertentu pula yang kemudian dengan token tersebut pengguna dapat melakukan pembayaran atau menggunakan layanan dari project tersebut. Misalnya token, Token Toko, (TKO) yang dibangun diatas jaringan blockchain Binance Smart Chain, Token Curve DAO, (CRV) yang dibangun diatas blokchain Ethereum, Token BitTorrent, (BTT) yang dibagun diatas jaringan blochchain Tron dll.

Coin dibuat melalui proses penambangan (mining) dengan mekanisme Proof of Work atau Proof of Stake dan coin dapat dihasilkan setelah berhasil melalui proses tertentu pada blockchain sebagai imbalan.

Sedangkan token dibuat melalui aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang terhosting pada blockchain lain seperti Bitcoin, Ethereum, Binance, Tron dll.

Sudah jelaskan bahwa coin dan token dari definisi, cara pembuatan dan kegunaan berbeda, sekarang mari kita simak dari sisi tujuannya.

Coin memiliki karakteristik seperti halnya uang fiat yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran dan investasi.

Sedangkan token biasanya hanya dapat digunakan sebagai alat tukar ketika akan menggunakan layanan project tertentu dari peyediakan token. Misalanya token BitTorren, (BTT) hanya dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk layanan yang disediakannya contoh untuk membayar pembelian kecepatan upload download di platform BitTorrent dan tidak bisa digunakam sebagai alat pembayaran penyimpanan (cloud) dari proyeknya Filecoin, (FIL), Nah dari sudah jelaskan bahwa coin dan token juga memiliki tujuan yang berbeda. Walaupun, token memiliki nilai di pasar, namun secara teknis token bukanlah mata uang.

Demikianlah penjelasan singkat tentang perbedaan coin dan token semoga dapat menambah wawasan anda. Diperbolehkan bagi anda yang ingin menyalin artikel yang ada diblog ini dengan syarat menyertakan sumbernya. Blog anda tidak akan dihapus, deindex dan adsense anda tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Dan silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih