Penjelasan tentang Trading Konversi Spot Margin Tunai dan Peer to peer (P2P)

Ada beberapa jenis perdagangan aset cryptocurrency diantara adalah perdagangan jenis konversi, spot, margin, tunai dan peer-to-peer (P2P).
Gambar Penjelasan tentang Trading Konversi, Spot, Margin, Tunai dan Peer to peer (P2P) - Nurul Huda

Pada kesempatan Nurul Huda ID akan membahas dan memperkenalkan jenis - jenis perdagangan aset cryptocurrency yang ada di pasar fisik aset kripto atau bursa market exchange binance.

Binance sebagai pasar fisik aset kripto atau bursa market exchange cryptocurrency nomor satu di dunia dengan jumlah volume transaksi mencapai US $13.590.751.273 telah menyediakan beberapa jenis perdagangan aset crypto diantara adalah perdagangan jenis konversi, spot, margin, tunai dan P2P. Nah, untuk mengenal lanjut tentang jenis - jenis perdangan tersebut mari disimak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Perdaganan Konversi

Perdagangan konversi binance sebenar hampir mirip dengan transaksi swap. Melalui perdagangan Binance konversi, pengguna dapat mengubah aset crypto yang dimilikinya menjadi crypto jenis tertentu dengan cepat hanya dalam hitungan detik.

Binance konversi sangat tepat digunakan ketika tren pasar sedang mengalami perubahan harga yang signifikan, misalnya pada awal bulan tahun 2021 kemarin ketika aset Doge (DOGE) sedang mengalami tren lonjakan signifikan dan seketika itu juga anda menginginkan aset crypto doge (DOGE) serta ingin memanfaatkan momen tersebut maka pilihan trading terbaik pada saat itu adalah menggunakan perdagangan binance jenis konversi.

Keuntungan Menggunakan Perdagangan Konversi Binance

Jenis perdagangan konversi yang telah disediakan oleh binance dapat memberikan beberapa keuntungan bagi para pengguna diantaranya adalah:

Mudah digunakan
Perdagangan konversi binance ramah pengguna artinya sangat mudah digunakan bahkan untuk pengguna baru sekalipun.

Penyelesaian instan
Memiliki kecepataan dalam penyelesain transaksi, kerena transaksai dilakukan melalui portal OTC maka binance tidak perlu lagi menunggu buku pesanan atau penawaran terisi untuk menyelesaikan transaksi ini. Kelebihan ini dapat dimanfaatkan oleh trader ahli pada momen - momen tertentu.

Memiliki opsi pasangan token yang lebih banyak
Perdagangan konversi binance memiliki ribuan kombinasi token yang dapat dikonversi bahkan ada beberapa kombinasi yang tidak ada pada pasangan perdagangan spot. Artinya melalui perdagangan konversi ini lebih banyak fleksibilitas untuk mengonversi aset crypto satu ke bentuk aset crypto lainnya.

Privasi
Karena transaksi perdagangan diselesaikan langsung dari akun pengguna binance, maka tidak ada entitas pihak ketiga yang diperlukan.

Perdagangan Spot

Dalam cryptocurrency, perdagangan spot atau spot trading merupakan jenis perdagangan yang paling klasik atau dasar digunakan. Pengguna dapat melakukan pembelian aset crypto seperti Bitcoin, (BTC) dan Altcoin menggunakan aset coim tertentu atau menggunakan mata uang fiat ketika harga Bitcoin, (BTC) dan Altcoin tertentu sudah diperkirakan harganya turun kemudian disimpan dan akan dijual kembali ketika harga / nilainya sudah meningkat.

Fitur Spot Trading Binance

Jika pengguna masuk kedalam perdagangan cryptocurrency jenis spot di binance maka pemgguna akan menemukan beberapa istilah yang ada pada perdagangan spot binance yaitu: maker, taker, stop limit dan one cancels the other (OCO).

Taker adalah istilah untuk pengguna yang memasang order yang diperdagangkan langsung tanpa mengunjungi buku order. Bahasa yang mudah untuk dipahami taker adalah beli langsung tanpa perlu ngantri berapapun penawaran harga terendah dari aset kripto tertentu yang ada di order book akan terbeli.

Maker adalah istilah untuk pengguna yang memasang order yang kemudian masuk ke dalam buku order. Bahasa yang mudah dipahami disini adalah pengguna harus ngantri jadi ketika pada order book / buku penawaran harga jual per coinnya US $1 maka anda membelinya dibawah harga itu misalnya US $0.99 dan seterusnya.

Stop limit adalah istilah untuk pengguna yang telah mentukan pada harga berapa akan tereksekusi jual maupun beli, misalnya ketika pengguna telah memutuskan menjual di harga US $2 maka ketika harga market menyentuh harga tersebut secara automatis akan tereksekusi jual begitu juga untuk pembelian.

One Cancels the Other (OCO) adalah untuk pengguna yang telah memutuskan memasang 2 order sekaligus jual dan beli pada harga tertentu namun order yang lain akan batal ketika ada satu order yang tereksekusi. Misalnya pengguna telah memperkirakan harga akan semakin turun jika telah menyetuh harga US $1.5 dan masih akan terus naik sampai ke harga US $2.5 jika tidak berhasil menyentuh harga US $1.5 maka dalam posisi seperti ini pengguna dapat menerapkan one cancels the other (OCO) memang 2 order sakaligus yaitu pada harga US $1.5 dan $2.5 namun order lainnya akan batal secara automatis jika ada salah satu yang telah tereksekusi.

Perdagangan Margin

Perdagangan margin merupakan jenis perdagangan yang mirip dengan perdagangan spot perbedaannya hanya pada modal perdagangan aset. Jika pada perdagangan spot pengguna murni menggunakan uang individu disini tidak pengguna dapat melakukan pinjaman modal menggunakan dana yang disediakan oleh pihak ketiga. Di pasar tradisional, jenis perdagangan ini mirip dengan melakukan investasi saham dengan dengan menggunakan dana pinjaman yang disediakan oleh broker investasi.

Perdagangan jenis ini sangat cocok bagi pengguna yang telah mendapatkan kemantaban hasil prediksi pergarakan harga aset crypto berikutnya. Melalui margin trading pengguna dapat memiliki modal yang lebih besar dan dengan modal yang besar tentu keuntungan yang akan di dapatkan juga akan lebih besar.

Fitur Margin Trading Binance

Seperti spot trading dalam perdagangan jenis margin trading juga ada beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan penggunanya diataranya yaitu: cross margin, isolated margin dan leverage.

Cross margin merupakan mode lintas margin adalah artinya pengguna akan mempertaruhkan keseluruhan margin yang ia miliki untuk menjaga likuidasi. Namun, risikonya ia mungkin akan kehilangan semua modal yang dimilikinya jika perkiraannya tidak sesuai / tepat.

Isolated margin merupakan sebuah mode margin terisolasi, artinya anda hanya mempertaruhkan modal yang telah anda gunakan saja.

Leverage merupakan penggunaan modal pinjaman untuk meningkatkan potensi hasil (return) dari sebuah perdagangan. Pada margin trading binance pengguna dapat menetapkan leverage 3X - 10X dari modal awal.

Perdagangan Tunai

Seperti namanya melalui jenis perdagangan tunai pengguna dapat membeli dan menjual aset crypto dengan metode pembayaran tunai secara langsung melalui kartu debit atau kredit bank yang memiliki logo Visa dan Master Card.

Namun, metode ini hanya berlaku di negara tertentu saja, bagi warga negara Indonesia metode ini belum dapat digunakan.

Perdagangan Peer-to-Peer (P2P)

Seperti namanya, perdagangan peer-to-peer (P2P) berarti pemgguna dapat melakukan perdagangan secara langsung dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Dalam perdagangan ini tidak melibatkan pihak ketiga sehingga penjual dan pembeli aset crypto sepakat untuk melakukan transaksi sesuai dengan yang mereka inginkan. Binance disini hanya menyediakan sarana saja tidak lebih dari itu. Konsep perdagangan crypto Peer-To-Peer (P2P) menganut konsep awal dari penerbitan Bitcoin, (BTC) sebagai mata uang digital atau cryptocurrency.

Demikian penjelasan tentang trading konversi, spot, margin, tunai dan peer-to-peer (P2P) yang ada di bursa pasar fisik aset kripto binance, semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia trading. Silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih

Perhatian: Perdagangan aset kripto memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi. Saya sangat merekomendasikan anda untuk melakukan riset sebanyak mungkin dengan mempertimbangkan analisis teknis terkini, tren pasar dan pendapat para ahli sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi pada aset kripto dan Pilihlah pasar fisik dan jenis kripto yang telah terdaftar di Bappebti serta Pertimbangankanlah aset keuangan lainnya.
Kami disini bukan sebagai penasehat keuangan dan kami tidak memaksa anda untuk melakukan transaksi membeli, menjual dan menyimpan aset kripto sebagai investasi / atau aksi mencari keuntungan lainya. Semua keputusan transaksi perdagangan aset kripto tersebut dan akibat yang akan timbul merupakan keputusan dan tanggung jawab independen anda sendiri.

Diperbolehkan bagi anda yang ingin menyalin artikel yang ada diblog ini, dengan syarat mencantumkan sumbernya berupa link aktif yang merujuk pada konten aslinya. Blog anda tidak akan dihapus, deindex dan adsense anda tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya.

Referensi:
https://www.binance.com/id/amp/support/faq/c-3