Pengertian Bisnis Digital disertai Konsep dan Keunggulannya

Bisnis digital merupakan proses transformasi bisnis dengan mengadopsi teknologi digital. Jika sebelumnya masih dilakukan secara non-digital (manual)
Desain Foto Bisnis Digital - Nurul Huda

Sekarang kita sedang berada di fase era digitalisasi atau era revolusi industri 4.0 hampir seluruh aktivitas kegiatan manusia telah dipengaruhi oleh perangkat yang saling terhubung, artificial intelligence, penyimpanan data di cloud, dan Internet of thing (IoT). Perkembangan teknologi digitalisasi berjalan sangat cepat bahkan di beberapa Negara telah melewati fase ini, mereka telah sampai pada revolusu indusitri personalisasi atau yang lebih familiar dengan era society 5.0.

Dengan berkembanya teknologi yang begitu cepat mengharuskan pengusaha atau wirausahawan harus mampu dan mulai beradaptasi dengan perkebangan teknologi tersebut. Jika tidak, maka usaha yang dijalankannya bisa tertinggal.

Pengertian Bisnis Digital

Bisnis digital merupakan proses transformasi bisnis dengan mengadopsi teknologi digital. Jika sebelumnya masih dilakukan secara non-digital (manual) maka kini dilakukan secara digital.

Terdapat beberapa versi tentang pengertian bisnis digital diantaranya adalah sebagai berikut:
Bisnis digital merupakan aktivitas kegiatan bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan skill di bidang teknologi informatika dan komputer.

Bisnis Digital merupakan proses pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan bisnis yang berbasis digital.

Karena perkembangan teknologi digital semakin kesini semakin canggih dan kreatif menimbulkan hilirisasi bisnis digital menjadi lebih luas. Dahulu mungkin orang - orang hanya fokus melakukan bisnis digital terhadap produk - produk digital yang tidak memiliki fisik seperti penjualan sofware, situs web atau produk yang awalnya berupa produk fisik diproduksi kembali menjadi bentuk digital seperti buku elektronik. Namun sekarang tidak hanya itu, hampir mayoritas bisnis sekarang telah berpindah haluan menjadi berbasis digital untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Misalnya anda memiliki kemampuan dalam bidang Desain web dan Digital Marketing anda bisa menjalankannya secara online tidak terikat oleh aturan (freelance) seperti yang di lakukan oleh mas Baharudin Luthfi atau mungkin anda memiliki kemampuan dalam memberikan edukasi bisnis, maka sekarang bisa melakukannya secara online atau kemampuan yang lain misalnya konsultan, motivator, bahkan bisnis ojek pun sekarang bisa menggunakan teknologi digital (online).

Jadi, semua aktivitas kegiatan bisnis yang dilakukan secara dalam jaringan dan memanfaatkan teknologi digital, bisa dikategorikan sebagai bisnis digital.

Konsep Bisnis Digital

Konsep dari Bisnis Digital adalah Kemudahan konektivitas serta Inovasi. Melalui bisnis digital perusahaan dapat dengan mudah menawarkan produk dan jasanya kepada konsumen begitu juga dengan konsumen dapat dengan mudah menemukan produk atau jasa yang mereka inginkan.

Selanjutnya konsep inovasi, melalui bisnis digital perusahaan mampu memperluas jangkauan konsumenya dengan mudah inovasi terhadap layanan produk dan jasa sangat diperlukan untuk memenagkan persaingan karena konsumen juga dapat dengan mudah menemukan produk dan jasa sejenis maupun subtitusi yang sesuai dengan keinginannya.

Keunggulan Bisnis Digital

Bisnis digital memiliki beberapa kelebihan apabila dibandingkan dengan bisnis konvensional pada umumnya. Maka dari itu mayoritas pelaku usaha perlahan - lahan beralih menggunakan konsep bisnis digital. Berikut ini beberapa keunggulan bisnis digital diantaranya adalah:

1. Biaya Operasional Lebih Murah
Penggunaan biaya operasional bisnis digital jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan bisnis konvensional pada umumnya. Karena dalam aktivitas operasionalnya tidak lagi membutuhkan karyawan yang banyak dan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membuat atau menyewa toko fisik jadi jelas pengeluaran biaya bisnis digital lebih hemat daripada bisnis konvesional pada umumnya.

2. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen
Dengan memanfaatkan teknologi Internet bisnis digital lebih mudah menjangkau konsumennya. Karena internet memiliki kelebihan yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Aktivitas pemasaran bisnis digital dapat dilakukan secara luas tidak hanya pada satu titik tertentu saja.

3. Mendongkrak Penjualan
Karena bisnis digital memiliki kemudahan untuk menjangkau konsumennya. Maka kemungkinan untuk mendongkrak target penjualan produk dan jasa menjadi semakin besar.

4. Membantu Memenangkan Persaingan
Telah Banyak pelaku usaha Bisnis Digital yang mampu memenangkan persaingan dan bahkan melampaui perusahaan besar yang memiliki brand sebelumnya. Misalnya Gojek, Bukalapak, Tokopedia dan Shoopie.

5. Lebih Mudah Dijalankan
Bisnis digital sebenar memiliki pola yang lebih mudah untuk dijalankan ketimbang melakukan bisnis konvensional pada umumnya. karena operasional pelaksanaan pada bisnis digital telah terbantukan dengan teknologi.

Cara Memulai Bisnis Digital

Untuk memulai menjalankan bisnis secara digital, Pengusaha atau wirausahawan setidaknya harus mengetahui bagaimana cara melakukan usaha dengan memanfaatkan teknologi digital dan apa saja langkah - langkahnya sehingga tidak terjadi kesalahan pada saat menjalanya. Berikut ini adalah langkah - langkah untuk memulai usaha bisnis berbasis digital yang saya kutip dari blognya Mas Mumtaz:

1. Belajar tentang Bisnis Digital
Bagi yang masih baru mengenal tentang bisnis digital tidak ada salahnya untuk belajar terlebih dahulu, caranya dengan bergabung pada komunitas - komunitas bisnis digital yang telah memiliki kredibilitas baik seperti google, Dinas UKM Pemerintah dan sekarang juga banyak perguruan tinggi yang telah membentuk komunitas - komunitas bisnis digital anda bisa bergabung disana.
Belajar bisnis digital juga bisa dilakukan melalui orang - orang yang sudah mengerti dan dapat dipercaya.

2. Mengenali Peluang
Dengan semakin banyaknya varian bisnis yang berkembang tentu dibarengi dengan jumlah peluang bisnis, hanya tinggal bagaimana cara memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan keuntungan.
Untuk memulainya anda dapat melakukan observasi terlebih dahulu dengan membuatkan daftar list rinciannya selanjutnya urutkan mana kira - kira yang baik dan dapat anda kerjakan.
Jangan memilih yang terbaik namun anda sendiri memiliki keterbatasan untuk menjalankanya kecuali anda memiliki rencana (plan) untuk memanfaatkan sumber daya lain yang mampu mengerjakannya.

3. Melakukan Survey Kebutuhan dan Kemampuan Konsumen
Tidak hanya pada bisnis konvensional saja yang membutuhkan analisa survey kebutuhan konsumen, hal ini juga berlaku untuk bisnis berbasis digital. Tujuannya adalah selain untuk mengetahui produk dan jasa apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen tetapi juga mengetahui teknologi apa yang bisa dijangkau oleh konsumen. Jangan sampai anda melalukan inovasi hebat namun tidak mampu dijangkau oleh konsumen anda. Nah dari sini pentingnya melakukan survey tentang konsumen sebelum menjalankan usaha bisnis digital.

4. Membuat Business Plan
Setelah anda mengetahui peluang dan kebutuhan konsumen selanjutnya membuat perancanaan bisnis digital yang baik. Seperti bisnis pada umumnya jika tidak memiliki rencana bisnis digital yang baik maka akan sulit untuk mencapai tujuan dan menjaga keberlangsungan usaha bisnis digital kedepannya.
Di dalam melakukan perencanaan bisnis digital anda dapat membuat bagaimana cara mendapatkan produk dan jasa, melakukan proses pemasaran, cara bertransaksi sampai dengan perencanaan keuangannya dan bagimana cara mengahadapi perubahan situasi pada masa yang akan datang.
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang perencanaan sudah pernah saya tulis artikelnya disini: Fungsi Perencanaan dalam Manajemen

5. Mengatur Strategi yang Tepat
Selanjutnya anda harus mengatur strategi bisnis digital yang akan anda jalankan. Pastikan bahwa anda telah membuat langkah-langkah yang baik untuk memenangkan pasar. Dengan strategi yang baik maka kemungkinan untuk mencapai tujuan usaha digital anda menjadi lebih mudah.

6. Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi
Langkah terakhir yang dapat anda dilakukan untuk menjalankan usaha bisnis digita anda adalah dengan mengoptimalkan penggunaan teknologinya. Usahakan usaha bisnis digital yang anda jalankan dapat terjangkau oleh perangkat handphone. Karena berdasarkan hasil survey penggunaan perangkat digital smart phone saat ini yang paling banyak digunakan, sehingga dengan mengoptimalkan usaha digital berbasis smart phone akan lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

Perhatian: Diperbolehkan bagi anda yang ingin menyalin artikel yang ada diblog ini dengan syarat menyertakan sumbernya. Blog anda tidak akan dihapus, deindex dan adsense anda tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya.
Silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih