Ide Usaha Bisnis di Masa Pandemi Covid 19

Beberapa ide usaha bisnis potensial yang dapat anda lakukan dimasa pandemi covid-19 yang telah dirangkum oleh TIM Nurul Huda ID dari beberapa sumber
Gambar Ide Usaha Bisnis di Masa Pandemi Covid 19 - Dokumen subpng

Wabah pandemi covid-19 masih terus berlanjut dan kita semua berharap kepada Tuhan YME agar musibah ini segera berakhir Aaamiin.

Pandemi covid-19 telah mempengaruhi kondisi perekonomian dunia khususnya dibidang sektor usaha baik itu usaha mikro rumahan maupun makro perusahaan. Perasaan panik, cemas dan gelisah telah menghantui para pelaku usaha bisnis karena kondisi krisis ekonomi telah melanda hampir di seluruh negara di dunia akibat pandemi covid-19. Akibatnya prioritas kebutuhan dan perilaku konsumen berubah serta menimbulkan jenis trend usaha baru karena untuk menyesuaikan kebutuhan dan perilaku konsumen tersebut.

Ada beberapa ide usaha bisnis potensial yang dapat anda lakukan dimasa pandemi covid-19 yang telah dirangkum oleh TIM Nurul Huda ID dari beberapa sumber media elektronik sebagai berikut:

Membuka Usaha Bisnis Ritel Online
Ditengah situasi pandemi covid-19 banyak pusat perbelanjaan yang tidak menjalankan aktivitas kegiatannya alias tutup, kondisi tersebut dapat anda manfaatkan sebagai peluang dengan membuka ritel online. Caranya cukup mudah misalnya dengan menjual produk dagangan secara online di beberapa marketplace besar di Indonesia seperti shopee, lazada tokopedia dan bukalapak.

Anda juga bisa bergabung ke program - program afiliasi mereka untuk mendapatkan tambahan penghasilan, cara juga cukup mudah silahkan anda baca kembali di artikel saya sebelumnya: Cara Daftar Menjadi Publisher Program Afiliasi Lazada dan Cara Daftar Menjadi Publisher Program Afiliasi Shopee

Atau anda juga bisa bergabung menjadi dropshipper atau reseller sebuah produk tertentu kemudian anda jual kembali melalui media / jejaring sosial seperti blog, facebook, instagram dll. Manfaat juga komunitas komunitas terbesar seperti kaskus kompasiana untuk mempromosikan produk dagangan anda.

Pada intinya anda harus dapat memanfaatkan internet of things (IoT) sebagai sarana penjualan anda. Berdasarkan informasi dari laman Forbes, bahwa usaha bisnis pada sektor ritel online mampu bertahan cukup baik di tengah situasi pandemi covid-19.

Menawarkan Jasa Secara Online
Selain memasarkan dan menjual produk secara online anda juga dapat memasarkan jasa keahlian anda secara online, misalnya jika anda memiki keahlian dan basic tentang pendidikan, anda dapat menjadi guru / tutor secara onlie dengan memanfaatkan teknologi zoom, google meet atau anda juga bisa bergabung kedalam sebuah komunitas belajar seperti ruang guru untuk memasarkan keahlian anda.

Anda juga dapat menjadi penulis artikel pada situs - situs tertentu yang mau menerima tulisan sesuai tema anda. Dan nanti anda akan dibayar jika artikel yang anda tawarkan dipubhis / diterima. InsyaAllah nanti akan saya share dan review bagaimana cara menjadi penulis artikel secara khusus.

Menjadi Youtuber, Blogger dan Influencer
Namun, sebelum memutuskan untuk menjadi influencer anda harus memiliki jumlah pengikut atau komunitas yang banyak, untuk mendapatkan pengikut atau follower tersebut anda bisa memanfaatkan media youtube misalnya membuat konten kreatif, menghibur, edukatif dll. Selain itu anda juga bisa menjadi Bloger dengan menulis konten konten yang menarik sehingga banyak pengguna yang tertarik terhadap konten anda.

Sebenarnya untuk dapat menjadi influencer tidak hanya melalui media youtube dan blog saja anda dapat melakukannya juga pada jejaring sosial lainya seperti facebook, twitter dan Instagram.

Apakah ada youtuber yang sukses?
Banyak di Indonesia sendiri misalnya Raffi Ahmad berdasarkan data Social Blade perkiraan penghasilan perbulan Raffi Ahmad dari youtube sekitar IDR 649,22 sampai dengan Rp 10,39 miliar. Dan tidak hanya Raffi Ahmad saja banyak youteber lain yang sukses dan berpenghasilan besar seperti Deddy Corbuzier, Baim Wong, Atta Halilintar, Ria Ricis dll.

Apakah Ada Bloger yang sukses?
Ada, walaupun penghasilan dari blogger tidak sefantastis youtuber misalnya Raditya Dika, Mas Sugeng, Herman Yudiono, Harumi P.S dll.

Berapa kisaran pendapatan Blogger?
Relatif, tergantung jumlah view yang membaca kontennya berdasaran informasi dari kompasiana penghasilan blogger populer indonesia kisaran IDR 10 - 100 juta dalam sebulannya namun, jangan berkecil hati ada juga kok blogger yang menghasilkan uang lebih dari 5 milyar dalam sebulannya misalnya situs Techcrunch, Huffingtonpost, Mashable dll.

Demikianlah Ide usaha bisnis di masa pandemi covid-19 semoga dapat menginspirasi anda untuk memulai usaha bisnis. Silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat.

Diperbolehkan bagi anda yang ingin menyalin artikel yang ada diblog ini, dengan syarat mencantumkan sumbernya berupa link aktif yang merujuk pada konten aslinya. Blog anda tidak akan dihapus, deindex dan adsense anda tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Terima kasih