Cara Meningkatkan Performa Blog dengan Konfigurasi DNS Cloudflare

Cloudflare merupakan salah satu platform yang menyediakan Content Delivery Network (CDN) Selain mampu meningkatkan perform performa blog dan menyaring
Gambar Cloudflare - Nurul Huda

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa sebuah situs blog / website salah satunya adalah dengan melakukan konfigurasi DSN domain blog ke provider DNS Cloudflare. Cloudflare merupakan salah satu platform yang menyediakan Content Delivery Network (CDN) secara gratis dan berbayar.

Selain mampu meningkatkan performa blog, Cloudflare juga mampu menyaring traffic - traffic sampah atau yang familiar dengan sebutan jingling.

Sebelum anda mengikuti panduan ini, pastikan anda telah membeli domain TLD (com / co.id /. id / .my.id / .net / .org / xyz /dll.) Penejelasan selengkapnya tentang Domain TLD disini: Kelebihan Domain TLD Karena panduan ini tidak berlaku untuk domain gratis seperti .blogspot.com / .wordpress.com

Persiapan Sebelum Melakukan Konfigurasi DNS Cloudflare

Pertama: Membuat akun Cloudflare terlebih dahulu disini: CloudFlare

Kedua: Selanjutnya, silahkan anda catat CNAME record dari google sebelumnya, jika anda lupa silahkan dilihat kembali pada halaman setting domain tempat anda membeli domain sebelumnya atau anda juga bisa memasukan kembali di menu dashboard blog lalu pengaturan lalu pilih domain custom menggunakan www.panduan-nurulhuda.id nanti, akan muncul peringatan terjadi kesalahan disitulaah CNAME yang dicari akan muncul. Silahkan dicatat ada 2 buah record yang tampil, nantinya ke 2 record tersebut akan digunakan untuk disimpan ke dalam Cloudflare.

Gambar Screenshot Google - Nurul Huda

Ketiga: Pastikan anda mengaktifkan redirect / pengalihan domain dari domaianda.id ke www.domainanda.id serta Aktifkan juga HTTPS Blogger, baik untuk HTTPS Avaibility maupun HTTPS Redirect.

Cara Konfigurasi Domain Blog ke DNS Cloudflare

Jika ketiga persyaratan diatas telah disiapkan maka selanjutnya, masuk kedalam konfigurasi domain blog ke DNS Cloudflare.

Pertama: Silahkan anda log in ke akun Cloudflare yang telah anda buat tadi, silahkan anda Klik + Add site, selanjutnya masukan nama domain dan klik tombol Add site.

Gambar Screenshot Cloudflare - Nurul Huda

Kedua: Selanjutnya, anda akan dihadapkan pada pilihan jenis layanan Cloudflare. Pilih yang gratis $0/month dan klik tombol Confirm Plan.

Gambar Screenshot Cloudflare - Nurul Huda

Ketiga: Silahkan tunggu sistem men - scan domain anda sampai selesai, jika sudah abaikan hasil informasinya dan klik Continue.

Gambar Screenshot Cloudflare - Nurul Huda

Keempat: Selanjutnya anda akan diminta mengganti Nameserver bawaan domain dengan Nameserver Cloudflare. Silahkan anda catat ke 2 Nameserver Cloudflare tersebut dan klik Done Nameservers.

Gambar Screenshot Cloudflare - Nurul Huda

Kelima: Klik Finis later.

Gambar Screenshot Cloudflare - Nurul Huda

Konfigurasi Nameserver

Setelah anda mendapatkan Nameserver dari Cloudflare diatas. Selanjutnya, silahkan anda log in ke situs tempat pembelian domain anda dan ganti Nameserver default - nya dengan Nameserver yang anda dapatkan dari Cloudflare tadi. *(biasanya tempat pengaturan Nameserver berada pada pengelolaan domain. jika mengalami kesulitan untuk menemukan dimana Nameserver berada, silahkan anda tanyakan pada customer service terkait kesulitannya)

Gambar Screenshot Domosquare - Nurul Huda

Konfigurasi DNS Cloudflare

Setelah anda berhasil mengganti Nameserver, selanjut silahkan anda kembali lagi ke halaman Cloudflare.

Pertama: Silahkan pilih Menu DNS.

Kedua: Silahkan anda pilih klik tombol Add Record, masukan ke - 2 CNAME dari pengaturan bogger yang telah anda catat diawal tadi. Jangan lupa, Tambahkan 4 buah A Record yang mengarah ke IP Google dan pastikan bahwa icon awan disampingnya sudah berwana abu (DNS Only) jika masih kuning matikan dahulu.

Gambar Screenshot Cloudflare - Nurul Huda

Keempat: Klik Save

Sampai disini anda telah selesai mengkonfigurasi Blog anda ke DNS Cloudflare. Silahkan anda tunggu peralihan Nameservernya biasanya 2 sampai 48 jam.

Diperbolehkan bagi anda yang ingin menyalin artikel yang ada diblog ini dengan syarat menyertakan sumbernya. Blog anda tidak akan dihapus, deindex dan adsense anda tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Dan silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih