Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog dengan Pinterest

Pinterest merupakan sebuah jejaring sosial pinboard online yang dapat digunakan untuk mengumpulkan multimedia dari berbagai situs blog atau website.
Gambar Traffic Pinterest - socialchamp.io/blog/pinterest/marketing

Tidak dapat dipungkiri bahwa jejaring sosial mampu mengikatkan traffic organik sebuah situs atau blog. Banyak para blogger yang mamanfaatkan jejaring sosial mereka seperti facebook, twitter dan instagram untuk menyebarluaskan konten blog mereka. Namun, pernahkah anda mendengar bahwa jejaring sosial pinterest mampu meningkatkan traffic organik?

Tentang Pinterest

Pinterest merupakan sebuah jejaring sosial pinboard online yang dapat digunakan untuk mengumpulkan multimedia dari berbagai situs blog atau website.

Jejaring sosial Pinterest didirikan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra dan Evan Sharp pada akhir tahun 2009, paska peluncurannya tahun 2010 pinterest telah berhasil menarik penggunanya sebanyak kurang lebih 10.000 orang saat itu.

Melalui jejaring sosial pinterest para pengguna dapat dengan mudah dan leluasa mengoleksi dan membagikan foto - foto mereka karena pada layanan pinterest tidak mengenal istilah limit atau batasan kuota. Dan uniknya lagi Foto - foto yang dapat dibagikan di jejaring sosial pinterent tidak terbatas pada foto yang unggah saja melainkan mencakup foto - foto dari situs-situs blog atau website tertentu. Nah dari kelebihan ini dapat dimanfaatkan oleh para pengguna situs blog atau website untuk meningkatkan traffic pengunjung organik.

Cara Mendapatkan Traffic Organik dari Pinterest

Untuk mendapatkan tambahan traffic organik dari jejaring sosial Pinterest cara cukup mudah, anda hanya perlu menghubungkan situs blog atau website yang anda miliki ke jajaring sosial pinterest, caranya bagaima? Silahkan anda ikuti langkah - langkah berikut ini:

Pertama: Silahkan anda log in ke akun Pinterest telebih dahulu Pinterest *(jika belum memiliki akun silahkan melakukan terlebih dahulu)

Kedua: Setelah log in, silahkan anda pilih menu tanda panah kebawah tepat di samping kanan profil selanjutnya pilih pengaturan.

Gambar Screenshot Pinterest - Nurul Huda

Ketiga: Silahkan anda pilih klaim, Selanjutnya Pinterest akan memberikan 3 opsi klaim yang anda bisa pilih namun, jika anda pengguna blog saya sarankan untuk memilih tambahkan tag html.

Gambar Screenshot Pinterest - Nurul Huda

Keempat: Silahkan anda masuk ke akun situs blog anda, pilih tema dan edit html, selanjunnya silahkan anda cara kode <head> lalu copy dan tempelkan kode tag htm pinterest tepat di bawah kode <head> kemudian klik save.

Gambar Screenshot HTML Blog - Nurul Huda

Kelima: Silahkan kembali ke akun pinterest klik lanjutkan.

Gambar Screenshot Pinterest - Nurul Huda

Keenam: Kemudian masukan alamat url domain anda dan klik verivikasi.

Gambar Screenshot Pinterest - Nurul Huda

Sampai disini anda telah berhasil menghubungkan situs blog anda ke akun jejaring sosial pinterest langkah selanjutnya adalah Membuat Pin Otomatis dari konten Blog anda, bagaimana caranya silahkan anda ikuti langkah - langkah berikutnya

Cara Membuat Pin Otomatis dari konten Blog ke Akun Pinterest

Agar setiap anda melakukan postingan atau melakukan update konten di blog ter - PIN secara otomatis ke akun pinterest caranya cukup mudah silahkan ikuti langkah - langkah di bawah ini:

Pertama: Silahkan anda pilih menu tanda panah kebawah tepat di samping kanan profil lalu pilih menu pengaturan.

Kedua: Silahkan anda pilih menu Buat Pin dalam Jumlah Banyak kemudian silahkan anda input RSS blog anda pada kolom URL umpan RSS.

https://www.nurulhuda.id/feeds/posts/default?alt=rss
Gambar Screenshot Pinterest - Nurul Huda

Jangan Lupan silahkan anda ganti alamat url blog berwarna orange dengan alamat url blog anda.

Keempat: Klik Simpan.

Nah sampai disini anda telah berhasil melakukan pin otomatis seluruh isi konten gambar blog anda ke akun pinteres, silahkan akan tunggu beberapa saat agar feed anda tersingkron secara sempurna.

Diperbolehkan bagi anda yang ingin menyalin artikel yang ada diblog ini dengan syarat menyertakan sumbernya. Blog anda tidak akan dihapus, deindex dan adsense anda tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Dan silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih