Cara Memasang Google Analytic di Blog AMP

Google Analytic merupakan sebuah tool gratis yang disediakan google untuk memonitor dan melacak jumlah trafik pengunjung suatu situs blog atau website
Gambar Google Analytic AMP - Dokumen dev.to

Pada kesempatan ini, saya ingin sharing pengalaman saya tentang bagaimana cara memasang Google Analytic di Blog APM, karena beberapa minggu yang lalu saya telah memutuskan untuk bermigrasi dari non - AMP ke Accelerated Mobile Pages, (AMP).

Mungkin ada yang bertanya tentang apa itu Google Analytic?
Google Analytic merupakan sebuah tool gratis yang disediakan google untuk memonitor dan melacak jumlah trafik pengunjung suatu situs blog atau website.

Apakah penting menggunakan Google Analytic?
Relatif, Namun menurut pendapat pribadi saya wajib, karena melalui Google Analytic dapat dengan mudah mengetahui jumlah pengunjung, memantau pengunjung secara realtime, mengetahui bagaimana pengunjung menemukan situs blog, memahami perilaku pengunjung dan masih banyak lagi.

Apakah ada perbedaan cara pemasangan Google Analytic pada situs blog Accelerated Mobile Pages, (AMP) dan non - AMP?
Iya, karena pada blog yang telah valid Accelerated Mobile Pages, (AMP) tidak menerima kode javascript dari pihak ketiga termasuk javascript milik google sendiri.

Bagaimana cara pemasangan Google Analytic di Blog yang valid Accelerated Mobile Pages, (AMP)?
Baik, untuk dapat memasang Google Analytic pada blog yang telah valid Accelerated Mobile Pages, (AMP) tidak seperti pemasangan pada blog non - AMP yang cukup dengan log in akun Blogger, dashboard, settings lalu menginput kode ID GA ke kolom Web Property ID dan Klik Save, cara tersebut sudah saya lakukan pada blog valid Accelerated Mobile Pages, (AMP) hasilnya gagal.

Jadi pemasangan kode javascript Google Analytic pada blog valid Accelerated Mobile Pages, (AMP) tetap diperlulan modifikasi javascript agar valid. Namun, jangan khawatir anda tidak perlu lagi memodifikasinya sendiri cukup menyalin javascript yang akan saya sediakan di bawah ini.

Pertama: Silahkan anda masuk ke halaman dashboard blog anda, pilih tema lalu pilih edit HTML.

Kedua: Silahkan anda cari kode </head> atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt; jika sudah, silahkan anda copy dan tempel kode javascript di bawah ini tepat di atas kode </head> atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;.

<!--[ JavaScript Google Analytic AMP ]-->
<script async="async" custom-element="amp-analytics" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-analytics-0.1.js"></script>

Ketiga: selanjutnya silahkan anda mencari kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; jika sudah ketemu, silahkan anda copy kode javascript yang ada di bawah ini tepat diatas kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; dan jangan lupa silahkan anda ganti kode ID Google Analytic yang berwarna orange dengan Kode ID Google Analytic milik anda.

<!--[ JavaScript Google Analytic AMP ]-->
<amp-analytics id='analytics1' type='googleanalytics'> <script type='application/json'> { "vars": { "account": " UA-124164083-1" }, "triggers": { "trackPageview": { "on": "visible", "request": "pageview" } } } </script> </amp-analytics>

Keempat: Silahkan klik Save / simpan tema.

Nah, sampai disini anda telah berhasil memasang Google Analytic pada blog AMP anda, semoga panduan ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan anda, jika anda masih mengalami kebingungan jangan segan - segan untuk menanyakannya pada kolom komentar di bawah ini.

Diperbolehkan bagi anda yang ingin menyalin artikel yang ada diblog ini, dengan syarat mencantumkan sumbernya berupa link aktif yang merujuk pada konten aslinya. Blog anda tidak akan dihapus, deindex dan adsense anda tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Dan silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih