Cara Memasang DMCA Badge Pada Blog AMP

DMCA merupakan singkatan dari Digital Millennium Copyright Act yaitu sebuah organisasi yang telah disahkan di Amerika Serikat pada tahun 1998.
Gambar DMCA Badge - Nurul Huda

Pada hari ini saya ingin menjawab sebuah pertanyaan yang datang dari Sahabat NH, Ia menghubungi saya melalui PM kontak, menanyakan tentang bagaimana cara memasang script badges DMCA di situs blog yang menggunakan template AMP?.

Oke, sebelum saya lanjut kepada cara pemasangannya script badges DMCA, izinkan saya menjelaskan secara singkat terlebih dahulu tentang apa itu DMCA agar supaya sahabat NH yang lain juga dapat mengerti apa itu DMCA.

Tentang Digital Millennium Copyright Act (DMCA)

DMCA merupakan singkatan dari Digital Millennium Copyright Act yaitu sebuah organisasi yang telah disahkan di Amerika Serikat pada tahun 1998. Digital Millennium Copyright Act (DMCA) berfungsi untuk mengatur dan melindungi tentang hak cipta atas konten digital.

Kenapa pentingnya situs blog menggunakan layanan Digital Millennium Copyright Act (DMCA)?
Penting, karena dengan menggunakan layanan Digital Millennium Copyright Act (DMCA) anda dapat menjaga konten - konten anda dari para pelaku copy - paste yang mengambil konten anda tanpa izin dan tidak menyertakan sumber link aktif yang merujuk kepada konten aslinya.

Anda telah bersusah payah dan meluangkan waktu untuk membuat, menulis konten yang berkualitas, tiba - tiba konten tersebut di copy paste begitu saja tanpa izin tentu tindakan tersebut sangat merugikan. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut anda dapat menggunakan layanan Digital Millennium Copyright Act (DMCA).

Nah, sekarang timbul pertanyaan baru tentang status Digital Millennium Copyright Act (DMCA) yang disahkan di Negara Amerika Serikat apakah hukum / aturan tersebut juga berlaku di Negara Indonesia?
Tentu Iya, karena aturan ini tidak mengikat pada pelakunya berdomisili dimana, tetapi dimana konten tersebut disimpan, walaupun pelakunya bukan dari orang amerika serikat misalnya dari Indonesia tetapi kontenya tersimpan pada server yang berada di Amerika Serikat maka secara otomatis anda terikat oleh aturan Digital Millennium Copyright Act (DMCA).

Apakah ada layanan lain selain Digital Millennium Copyright Act (DMCA) yang dapat mengamankan hak cipta konten situs blog?
Ada, namun karena pertanyaan di awal hanya tentang Digital Millennium Copyright Act (DMCA) maka, penjelasan saya hanya fokus terhadap layanan Digital Millennium Copyright Act (DMCA) saja.

Apa saja fitur - fitur yang tersedia pada Digital Millennium Copyright Act (DMCA)?.
Ada banyak, diantara adalah:

  1. Anda mendapatkan Sertifikat Perlindungan dari Digital Millennium Copyright Act (DMCA).
  2. Anda bisa menggunakan DMCA Takedown jika merasa konten anda telah curi.
  3. Anda juga dapat memantau langsung halaman situs blog anda melalui Portal DMCA Protect.

Sebenarnya masih butuh penjelasan yang panjang mengenai hak cipta dan aturan Digital Millennium Copyright Act (DMCA), InsyaAllah nanti akan saya jelaskan kembali.

Cara Memasang Java Script DMCA Badge pada blog valid AMP

Mungkin sebelum anda menggunakan blog AMP pemasangan DMCA Badge cukup mudah, anda tinggkal meng - copy javascript yang telah di sediakan oleh DMCA Badge lalu menempelkannya pada situs blog anda selesai.

Karena situs blog yang telah valid Accelerated Mobile Pages (AMP) tidak mau menerima javascript dari pihak ketiga, maka solusinya adalah dengan melakukan modifikasi javascript tersebut agar valid terhadap blog Accelerated Mobile Pages (AMP). Bisa memang memaksakan pemasang javascript langsung yang diperoleh dari DMCA Badge namun, konsekuensinya situs blog anda tidak akan valid Accelerated Mobile Pages (APM). Nah, agar blog anda tetap valid Accelerated Mobile Pages (AMP) maka, silahkan anda modifikasi kode javascript DMCA Badge anda dengan javascript yang ada dibawah ini:

<!--[ DMCA Badge AMP ]-->
<a class='dmca-badge' href='//www.dmca.com/Protection/Status.aspx?ID=0907dbfb-1ad0-4134-87e3-e00bac17c694' title='DMCA.com Protection Status'> <amp-img alt='DMCA.com Protection Status' height='20' layout='fixed' src='//images.dmca.com/Badge/dmca_protected_sml_120l.png?ID=0907dbfb-1ad0-4134-87e3-e00bac17c694' width='100'/></amp-img></a>

Silahkan anda ganti kode ID DMCA Badge yang berwarna orange dengan kode ID DMCA Badge milik anda. Setelah anda ganti silahkan anda tempelkan kode javascript tersebut pada situs blog anda.

Demikian panduan cara memasang DMCA Badge pada blog AMP, semoga dapat membatu menyelesaikan permasalahan anda jika masih mengalami kesulitan silahkan anda tanyakan pada kolom komentar dibawah ini.

Diperbolehkan bagi anda yang ingin menyalin artikel yang ada diblog ini, dengan syarat mencantumkan sumbernya berupa link aktif yang merujuk pada konten aslinya. Blog anda tidak akan dihapus, deindex dan adsense anda tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Dan silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih