Cara Daftar Google AdSense untuk Blog Lengkap

Google AdSense merupakan sebuah layanan periklan CPC (cost-per-click) melaluinya memungkinkan pemilik situs blog / website mendapatkan penghasilan
Redesain Foto Google AdSense Dok. viralhattrix.com - Nurul Huda

Kebetulan hari ada sahabat NH yang menanyakan tentang panduan bagaimana cara pendaftaran Google AdSense, untuk menjawab pertanyaan itu saya luangkan waktu untuk menulisnya. Mungkin jika masih ada sahabat NH yang belum mengetahui apa itu Google AdSense? Akan saya jelaskan secara singkat terlebih dahulu sebelum masuk pada langkah-langkah pendaftarannya.

Tentang Google AdSense

Google AdSense merupakan sebuah layanan periklan / advertising CPC (cost-per-click) perusahaan Google.Inc melalui Google AdSense memungkinkan seseorang pemilik situs blog atau website mendapatkan penghasilan. Setidaknya ada 2 model iklan yang paling sering digunakan oleh para pemilik situs blog / website untuk mendapatkan uang dari Google AdSense yaitu:

Iklan Per-impression
Melalui Iklan Per-impression, memungkinkan pemilik situs blog / website mendapatkan pendapatan yang dihitung dari jumlah page views situs blog / website pada setiap bulannya.

Iklan Per-click
Melalui Iklan Per-click, memungkinkan pemilik situs blog / website akan mendapatkan pendapatan berdasarkan jumlah iklan yang diklik oleh pengunjung dalam setiap bulannya.

Selain itu, Google AdSense juga telah menyediakan beberapa jenis iklan yang dapat di tampilkan pada situs blog / website:

Pertama: Iklan Teks, jenis iklan ini berbentuk teks biasanya dapat ditemukan pada format iklan AdSense dalam artikel dan format iklan pencarian bentuknya berupa tulisan teks yang memiliki tautan keluar. Jika diklik, maka akan menuju ke halaman situs iklan yang dituju.

Kedua: Iklan Unit Tautan, jenis iklan ini berupa link yang tersusun secara rapi yang topiknya menyesuaikan dengan konten halaman situs blog / website. *(jenis iklan ini sudah dihapus oleh google dan akan diganti dengan iklan anchor)

Ketiga: Iklan Gambar, jenis iklan ini lebih dominan layanan visual gambar dan jenis gambarnya pun beragam ada yang diam, bergerak (animasi) untuk posisi dan size iklan ini bisa disesuikan sedemikian rupa (responsive atau tetap).

Keempat: Iklan Audio, jenis iklan ini mungkin jarang anda temui kecuali anda memperhatikan secara detail. Jenis iklan ini menonjolkan pada suara audio dari sinyal digital menjadi sinyal analog.

Kelima: Iklan Video, jenis iklan ini akan menampilkan iklan dalam bentuk video dengan durasi 8 - 15 detik.

Nah sampai disini mungkin anda sudah mengetahui sediki tentang apa itu AdSense. Jika and ingin mengetahui lebih lanjut tentang Google AdSense anda dapat menemukannya disini: Blog AdSense

Cara Melakukan Pendaftarkan Google AdSense

Pertama: Silahkan anda mengunjungi situs Google Adsense: Google AdSense

Kedua: Silahkan pilih Mulah di pojok kanan atas dan anda input URL situs blog / website yang ingin anda daftarkan, selanjutnya silahkan anda input alamat email, kemudian tentukan pilihan apakah anda ingin mendapatkan bantuan dari AdSense atau tidak. Setelah itu klik Save and Continue.

Redesain Foto Google AdSense - Nurul Huda

Ketiga: Silahkan input rincian akun anda dengan memilih negara asal, setelah itu jangan lupa memberikan centang Yes, I have read and accept the agreement. Kemudian klik Create Account.

Redesain Foto Google AdSense - Nurul Huda

Keempat: Silahkan anda input rincian pembayaran Google AdSense dengan data yang valid dan benar.

Redesain Foto Google AdSense - Nurul Huda

Kelima: silahkan anda melakukan verifikasi dengan cara menginput kode HTML yang diberikan Google AdSense kadalam situs blog / website anda.

Redesain Foto Google AdSense - Nurul Huda

Berikut adalah panduan langkah-langkah cara menginput kode verifikasi Google AdSense ke Blogger / Blogspot. Sebenarnya, instruksi dari Google AdSense yang terdapat pada halaman pendaftaran sudah sangat jelas. Namun, terkadang masih ada sebagian blogger baru kurang memahami bagaimana cara meletakkan kode tersebut ke dalam situs blog / website.

Pertama: Silahkan anda salin kode yang telah diberikan Google AdSense.

Kedua: Silahkan anda melakukan Parse kode HTML di website Parse HTML disini: blogcrowds

Ketiga: Silahkan anda masuk ke menu dashboard blog anda, buka menu Tema, lalu Edit HTML.

Keempat: Silahkam anda cari kode </head> *(Jika anda tidak menemukan kode tersebut, silahkan anda cari kode &lt;/head&gt;) jika sudah menemukan langkah selanjutnya,

Kelima: Silahkan anda copy kode yang telah anda parse tadi tepat diatas kode </head> atau &lt;/head&gt;.

Keenam: Simpan.

Sampai disini anda telah selasai melakukan pendaftaran Google AdSense, selanjutnya anda tinggal menunggu kurang lebih selama 2x7 hari bisa lebih cepat, apakah langsung disetujui apakah harus menjalani perbaikan dahulu. Mungkin sudah cukup jelas jika belum silahkan anda tanyakan di kolom komentar. Diperbolehkan bagi anda yang ingin menyalin artikel yang ada diblog ini dengan syarat menyertakan sumbernya. Blog anda tidak akan dihapus, deindex dan adsense anda tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Dan silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih