Penjelasan tentang Staking Koin Kripto

Staking adalah ikut andil dan berpartisipasi aktif dalam proses validasi transaksi yang terjadi pada blockchain dengan mekanisme Proof of Stake (PoS)
Foto Edit Ulang dari Ruma Entertainment

Disaat market sedang terkoreksi, apa yang sebaiknya harus dilakukan?

Pada kesempatan ini saya ingin mencoba memberikan salah satu alternatif yang memungkinkan tetap mendapatkan pasive income, walaupun market sedang mengalami crash atau terkoreksi dan apakah itu? Staking, iya staking salah satunya, mungkin bagi anda yang masih asing dengan istilah staking, hari ini saya akan mencoba menjelaskan sepengetahuan saya tentang apa itu staking.

Tentang Staking

Staking sebenarnya hampir mirip dengan istilah mining atau penambang namun berbeda, dari sisi kemiripannya karena sama-sama untuk mendapatkan koin baru dan bedanya kalau mining membutuhkan sebuah perangkat yang canggih sementara staking hanya butuh penguncian aset kripto tertentu yang kita miliki.

Dalam finansial dunia nyata proses staking itu hampir mirip dengan melakukan setoran deposito di perbankan, yaitu anda menyetor sejumlah uang dalam jangka waktu tertentu dan memberikan kewenangan kepada pihak bank untuk mengelola sejumlah uang yang telah anda depositkan untuk mendapatkan imbalan. Kira-kira begitu gambaran awamnya tentang staking.

Penjelasan lebih lanjutnya staking adalah ikut andil dan berpartisipasi aktif dalam proses validasi transaksi yang terjadi pada jaringan blockchain dengan mekanisme Proof of Stake (PoS).

Proses trasaksi yang terjadi dalam blockchain membutuhkan sebuah validasi transaksi dan siapa saja yang telah memiliki aset kripto tertentu berhak untuk dapat mempertaruhkan aset kripto yang dimilikinya untuk menvalidasi proses transaksi yang terjadi pada jaringan blockchain dan tentunya akan mendapatkan imbalan dari proses tersebut.

Kenapa kita mendapatkan imbalan? Karena aset kripto yang telah kita kunci tadi ikut berkontribusi dalam menyelaraskan semua keinginan pemangku kepentingan artinya aset yang telah kita kunci itu akan memiliki peran dalam membantu ketahanan sebuah jaringan blockchain.

Nah, permasalahannya bagaimana jika jaringan blockchain tertentu tidak memiliki partisipan stake dengan jumlah entitas yang cukup? Jika keadaannya demikian tentu akan menyulitkan jaringan blockchain tersebut berkembang dan tentunya bisa mengakibatkan kerugian. Maka dari itu sangat saya sarankan untuk melakukan analisa dan mencari referensi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berpartisipasi dalam staking pada token atau koin tertentu.

Jenis-jenis Staking

Mungkin anda telah menemukan beberapa metode dan cara untuk melakukan staking, namun saya ingin mencoba menjelaskannya secara singkat dan umum saja. Secara umum dan sepengetahuan saya kita dapat memilih 2 jenis staking:

Pertama: Staking pool, anda dapat melakukan staking ini dimarket exchange Binance misalnya atau market-market yang lain telah menyediakan fitur staking pool.

Kedua: Cold Staking Cold, Dalam Cold staking anda dapat melakukannya melalui 2 cara juga Pertama pada cara ini anda melakukan staking dengan menggunakan hardware wallet yang tidak terhubung pada jaringan internet dan cara yang Kedua anda dapat juga menggunakan staking air-gapped software wallet seperti wallet pribadi Safepal Wallet, TrustWallet, Metamask dan lain-lain.

Demikian penjelasan singkat saya tentang apa itu staking, kedepan InsyaAllah akan saya lanjutkan dengan cara melakukan staking dan token apa saja yang direkomendasikan untuk dikunci, ok sekian dulu semoga penjelasan singkat ini dapat memberi anda wawasan kepada anda. Silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih

Perhatian: Perdagangan aset kripto memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi. Saya sangat merekomendasikan anda untuk melakukan riset sebanyak mungkin dengan mempertimbangkan analisis teknis terkini, tren pasar dan pendapat para ahli sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi pada aset kripto dan Pilihlah pasar fisik dan jenis kripto yang telah terdaftar di Bappebti serta Pertimbangankanlah aset keuangan lainnya.
Kami disini bukan sebagai penasehat keuangan dan kami tidak memaksa anda untuk melakukan transaksi membeli, menjual dan menyimpan aset kripto sebagai investasi / atau aksi mencari keuntungan lainya. Semua keputusan transaksi perdagangan aset kripto tersebut dan akibat yang akan timbul merupakan keputusan dan tanggung jawab independen anda sendiri.