Penjelasan tentang Non-Fungible Token (NFT)

NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token yaitu token yang mewakili aset unik yang tidak bisa diganti NFT tidak seperti token pada umum seperti BTC
Redesain Foto Image courtesy of the artist and Christie’s - news.artnet.com

Akhir - akhir ini para pedagang dan investor koin kripto lebih - lebih bagi mereka yang memiliki basic seniman sedang nge - hype atau ramai - ramai membicarakan kehadiran proyek Non-Fungible Token (NFT).

Bagaimana ngak nge - hype hanya dengan modal cuitan twitter saja bisa dijadikan sebuah aset yang dihargai miliar rupiah, misalnya cuitan Elon Musk CEO mobil Tesla dan SpaceX cuitannya ditawar sekitar Rp 16,16 miliar. Tidak hanya Elon Musk cuitan pertama Jack Dorsey juga berhasil terjual sekitar Rp3,8 miliar. Cuma membuat cuitan diwitter saja? Heemmm, mungkin menurut anda aneh. Tapi ya memang begitulah faktanya dalam dunia Non-Fungible Token (NFT).

Dan ruang lingkup Non-Fungible Token (NFT) tidak hanya sebatas cuitan diwitter saja bor (brother), anda juga bisa membuatnya untuk sebuah karya seni yang lain, misal karya seni milik Chris Torres "Nyan Cat" sebuah meme digital yang dihargai sekitar Rp6,6 miliar. Karya seni kolase gambar digital milik Beeple pada awalnya Ia, hanya menjual dengan harga $100. Namun, diluar perkiraan harga kolase gambar tersebut meroket sampai keharga $69 juta Waoooowww tapi sekali lagi itulah Non-Fungible Token (NFT) bor.

Perkembangan digitalisasi saat ini terus berjalan sangat cepat. Termasuk pecahan dari teknologi blockchain. Di tahun sebelum - sebelumnya mungkin kita masih nge - hype soal CeFi dan decentralized finance (DeFi). Di tahun ini sudah berkembang lagi tidak hanya CeFi dan DeFi tapi sudah masuk ke era Non-Fungible Token (NFT).

Mungkin sahabat NH juga ikut kepo dan penasaran? Baik,
Pada artikel kali ini saya akan share sedikit wawasan saya tentang apa itu Non-Fungible Token (NFT).

Tentang Non-Fungible Token (NFT)

NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token yaitu token yang mewakili aset unik yang tidak bisa diganti. Maksudnya?
Non-Fungible Token (NFT) tidak seperti token pada umum seperti Bitcoin, (BTC) Ethereum, (ETH) dan lain - lain yang dapat saling dipertukarkan Non-Fungible Token (NFT) tidak seperti itu Non-Fungible Token (NFT) adalah token yang mewakili aset digital / aset dunia nyata. Non-Fungible Token (NFT) berfungsi sebagai bukti keaslian dan kepemilikan dalam versi digital. Paham?

Jadi, Non-Fungible Token (NFT) ini layaknya sertifikat yang hanya mewakili kepemilikan barang berwujud maupun tak berwujud misalnya anda memiliki blog yang unik anda dapat membuatkan sertifikatnya melalui Non-Fungible Token (NFT) nanti blog unik tersebut akan memiliki nomor kode dan metadata unik dan kode unik tersebut dapat digunakan untuk melacak penerbitan token, perpindahan pemilik dan lain sebagainya. Begitu sekarang pasti paham kan?

Sejarah Non-Fungible Token (NFT)

Menurut informasi yang saya dapatkan sebenar proyek Non-Fungible Token (NFT) telah ada sejak tahun 2014 yang lalu namun, pada waktu itu belum populer seperti sekarang ini. Keberadaan Non-Fungible Token (NFT) semakin populer setelah hadirnya platform CryptoPunks yaitu platform untuk mengoleksi berbagai gambar sebagai aset digital. kehadiran game digital CryptoKitties dan keterlibatan beberapa pengusaha dan seniman.

Selain itu karena kehadiran sistem Non-Fungible Token (NFT) sendiri dianggap sebagai metode yang paling efektif dan efisien untuk menjual dan membeli sebuah karya seni digital.

Kegunaan Sistem Non-Fungible Token (NFT)

Berbicara tentang Non-Fungible Token (NFT) sebenar tidak hanya sebatas untuk kripto art saja, penggunaan sistem Non-Fungible Token (NFT) juga bisa diaplikasikan secara umum digunakan di luar project kripto. Seperti penjualan item - item pada game, Non-Fungible Token (NFT) juga bisa digunakan oleh seniman untuk menjual lukisannya musisi menjual kaset lagu atau videonya dan masih banyak lagi.

Ngomongin soal NFT, enggak cuma sebatas soal crypto art aja. Crypto art itu cuma salah satu produk yang tercipta dari NFT, yang dibangun di atas smart contract di jaringan Ethereum. NFT itu sebuah ekosistem yang memungkinkan ekonomi yang desentral dan demokratis - Mario, penggiat NFT asal Jakarta.

Apakah Investasi pada Aset Non-Fungible Token (NFT) Menguntungkan?

Mungkin setelah anda membaca penjelasan saya diatas atau mungkin anda telah mendapatkan informasi Non-Fungible Token (NFT) dari sumber yang lain, tentunya anda akan bertanya - tanya, apakah berinvestasi pada Non-Fungible Token (NFT) sangat menjanjikan?

Faktanya berinvestasi pada Non-Fungible Token (NFT) memang memiliki tingkat keuntungan yang sangat tinggi. Ditambah lagi menurut informasi yang saya dapatkan bahwah saat ini pangsa pasar Non-Fungible Token (NFT) telah meningkat lebih dari US $250 juta.

Untuk menjawab pertanyaan itu sebenarnya relatif susah - susah gampang susah untuk mereka yang baru mengenalnya mereka harus belajar memperkirakan harga karya seni, mengatur foundamental yang dimiliki dan lain - lain makanya susah dan gampang bagi mereka yang sudah paham tentang Non-Fungible Token (NFT).

Karena jawabannya susah - susah gampang saya kasih saran saja untuk para investor pemula sebelum berinvestasi sebaiknya mencari informasi dan mempelajari terlebih dahulu karena Non-Fungible Token (NFT) ini termasuk jenis aset investasi yang masih relatif baru. Pelajari juga cara melakukan penilaian terhadap aset digital Non-Fungible Token (NFT). Karena karya seni tidak memiliki patokan yang pasti makanya anda harus belajar jangan sampai setelah anda membelinya diharga tinggi tetapi ternyata tidak mempunyai seni sama sekali, kalau demikian tentunya anda akan kesulitan menjualnya kembali. Dan dalam konsep investasi tingkat return akan berbanding linier dengan risiko dan Non-Fungible Token (NFT) termasuk sebagai instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi.

Mungkin itu saja saran saya kepada para investor pemula untuk meminimalisir potensi kerugian dan mendapatkan cuan. InsyaAllah pada artikel berikutnya akan saya share tentang bagaimana cara membuat Non-Fungible Token (NFT) sendiri. Silahkan anda pantau terus jangan lupa kasih komentar dan share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih

Perhatian: Perdagangan aset kripto memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi. Saya sangat merekomendasikan anda untuk melakukan riset sebanyak mungkin dengan mempertimbangkan analisis teknis terkini, tren pasar dan pendapat para ahli sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi pada aset kripto dan Pilihlah pasar fisik dan jenis kripto yang telah terdaftar di Bappebti serta Pertimbangankanlah aset keuangan lainnya.
Kami disini bukan sebagai penasehat keuangan dan kami tidak memaksa anda untuk melakukan transaksi membeli, menjual dan menyimpan aset kripto sebagai investasi / atau aksi mencari keuntungan lainya. Semua keputusan transaksi perdagangan aset kripto tersebut dan akibat yang akan timbul merupakan keputusan dan tanggung jawab independen anda sendiri.