Money Management dalam Investasi Koin Kripto

Ketika anda telah memutuskan untuk melalukan investasi pada koin kripto, maka setidaknya anda harus bisa mengelola keuangan anda dengan baik.
Business photo created by pch.vector - www.freepik.com

Ketika anda telah memutuskan untuk melalukan investasi pada koin kripto, maka setidaknya anda harus bisa mengelola keuangan anda dengan baik. Mengelola keuangan atau yang lebih dikenal dengan money management sangat penting karena itu merupakan bagian dari strategi investor koin kripto dalam berinvestasi tujuanya adalah agar supaya mendapatkan profit yang lebih besar dan meminimalisir kerugian.

Pentingnya Money Management

Kenapa pengelolaan keuagan atau money management penting bagi investor koin kripto? Alangkah bahayanya jika seorang investor koin kripto, hanya mengandalkan perasaan dan emosi semata. Biasanya investor koin kripto yang tidak menerapkan pengelolaan keuangan dengan baik akan mudah panik, sikologinya terganggu dan tidak akan mendapatkan keuntungan.

Pada kesempatan ini, saya ingin sharing sedikit tentang cara melakukan pengelolaan keuangan atau money management harapan saya semoga wawasan ini dapat membantu para investor koin kripto pemula dalam merencanakan dan mengatur keuangannya.

Money management Trading Futures dan Option

Pertama: Tentukan batas toleransi terhadap risiko, jika anda adalah seorang trader futures batas toleransi terhadap risiko sangat penting karena jika tidak anda akan kehilang sejumlah aset modal anda. Trading futures memang memiliki risiko kehilangan sejumlah aset saat harga tidak sesuai dengan prediksi diawal. Maka menentukan batas toleransi terhadap risiko sangat berguna bagi trader untuk meminimalisir risiko kehilangan yang lebih besar.

Misalnya: anda menentukan batas toleransi risiko 5% - 10% dari seluruh total portfolio anda. Apabila pergerakan arah harga tidak sesuai prediksi dan telah mencapai batas toleransi segera hentikan dahulu trading di hari itu dan coba kembali dilain hari. Ingat anda harus komitmen terhadap batas toleransi yang telah ditentukan jika tidak maka anda sebenarnya sudah dipengaruhi oleh emosi dan itu tidak baik untuk sikologi trader.

Kedua: Tentukan tujuan trading, dalam trading futures, option dan sejenisnya anda harus memiliki target dan rasio risk reward.

Misalnya: Risk to Reward Ratio 100 : 100 anda meresikokan US $ 100 untuk mendapatkan profit US $ 100. Ketika dihari itu anda telah mencapai target US $ 100, anda juga harus melakukan stop trading dan lanjut lagi di lain hari jika anda melanjutkan maka anda telah dipengaruhi emosi sifat serakah tidak baik untuk seorang trader futures.

Ketiga: melakukan analisa performa, analisa ini penting untuk dilakukan tujuannya adalah untuk menganalisa performa money management anda.

Misalnya: anda dapat melakukan analisa performa 2 Minggu sekali atau 1 bulan sekali kenapa ini penting dilakukan? Selain untuk mengetahui performa dari sini anda dapat mengetahui apakah strategi yang telah anda lakukan di awal berjalan baik atau tidak. Jika di rasa performanya kurang memuaskan, silakan anda modifikasi lagi agar sesuai dengan target dan tujuan.

Money Management Trading Spot dan Investasi Koin Kripto

Tidah hanya trading margin, futures dan option saja yang membutuhkan pengelolaan keuangan, imvestasi dan trading spot juga membutuhkan money management tujuannya sama yaitu meminimalisir risiko dan memaksimalkan keuntungan.

Pertama: selalu gunakan uang dingin untuk berinvestasi koin kripto, uang dingin yang saya maksudkan disini adalah uang yang bebas dari beban, tanggungan dan keperluan jadi uang yang digunakan untuk berinvestasi koin kripto bukan uang untuk menafkahi anak istri, untuk membayar tagihan, hutang dan lain-lain.

Kenapa harus menggunakan uang dingin? Karena anda tidak mengetahui secara pasti arah pergerakan market. Misalnya: anda melakukan investasi pada koin Ethereum, (ETH) di harga US $ 3.000 tentunya anda menginginkan penjualan diatas US $ 3.000 jika uang yang anda pakai adalah uang keperluan sedangkan market belum menyentuh harga target dan turun ke harga US $ 2.000 tentunya ketika uang itu kamu butuhkan anda akan rugi US $ 1.000.

Kedua: Jangan pernah menginvestasikan seluruh modal anda secara bersamaan anda bisa membaginya kebeberapa tahap.

Misalnya: ditahap pertama anda menginvestasikan 50 % dari modal dahulu, ketika market mengalami koreksi anda masih memiliki modal 50% lagi untuk masuk market dan itu masih memungkinkan anda bagi kembali.

Ketiga: Sabar menunggu target tercapai, disini pentingnya money manajemen selain anda harus mengelola keuangan anda juga harus piawai dalam merencanakan keuangan. Karena pergerakan market spot hanya 1 arah maka anda harus sabar mencapai target, jangan grusa grusu orang jawa bilang.

Demikianlah penjelasan singkat saya tentang pengelolaan keuangan atau money manejemen dalam investasi koin kripto. Kelihatanya mudah untuk menerapkan strategi money management dalam investasi koin kripto. Iya mudah memang menerapkan strategi money management ini yang sulit adalah disiplin untuk terus menerapkannya. Saya harap anda tetap fokus dan sesuaikan dengan perencanaan awal. Semoga bermanfaat. Silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih