Layanan Virtual Credit Card (VCC) dari beberapa Bank di Indonesia

Kartu kredit virtual / VCC dapat digunakan untuk melakukan transaksi online seperti untuk pembayaran google ads, facebook ads, pembelian koin kripto
Redesain Foto - pngtree

Pada kesempatan ini saya akan menulis pengalaman saya tentang finansial teknologi virtual credit card, (VCC) alias Kartu kredit virtual, pengalaman ini datang ketika saya mau berlangganan facebook ads namun, opsi pembayaran yang diberikan facebook kepada saya hanya menggunakan credit card sementara saya sendiri belum memiliki kartu kredit, pusing bukan? Dari kejadian tersebut saya harus mencari solusi / altenatif terbaik untuk menyelesaikan masalah pembayaran tersebut.

Sebelum lanjut, saya akan jelas secara singkat dahulu tentang apa itu kartu kredit virtual?

Kartu kredit virtual merupakan alat pembayaran layaknya kartu kredit pada umumnya bedanya kartu kredit virtual tidak memiliki bentuk fisik.

Kartu kredit virtual dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran online seperti untuk pembayaran google ads, facebook ads, pembelian koin kripto dan lain-lain.

Caranya pemakaiannya juga tergolong mudah anda hanya perlu memasukkan 16 digit nomor kartu kredit virtual, 4 angka yang berisi bulan dan tahun berlakunya kartu krediti virtual dan 3 digit nomor kode card verification value (CVV).

Diluaran sana memang terdapat banyak jasa yang menawarkan pembuatan (VCC) namun, saya pribadi tentu tidak asal memilih jenis vcc yang mereka tawarkan begitu saja saya akan pertimbangkan dahulu fitur apa yang akan didapatkan dan bagaima sistem keamanannya.

Sebelum saya memutuskan untuk memilih jasa kartu kredit virtual tertentu, biasanya saya akan mencari informasinya terlebih dahulu:

Reputasi provider kartu kredit virtual

Hal pertama yang saya lakukan sebelum memilih provider kartu kredit virtual tertentu, saya perhatikan dahulu reputasinya misal kapan provider tersebut mulai beroperasional sudah lama atau masih baru, kemudian saya lihat juga kinerjanya dan tidak lupa saya juga melihat review dan komentar serta testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan layanan kartu kredit virtual dari perusahaan tersebut.

Fitur yang didapatkan

Selain reputasi, saya juga akan mempertimbangkan apa saja fitur yang akan saya dapatkan nantinya. Mengingat, ada banyaknya perusahaan provider layanan kartu virtual, sehingga saya sempatkan dahulu untuk melakukan perbandingan fitur. Tentunya disini saya akan memilih provider yang memberikan pelayanan paling sesuai dengan kebutuhan.

Layanan customer service

Terakhir, selain saya memperhatikan reputasi dan fitur yang akan saya dapatkan, saya juga memperhatikan layanan customer service kenapa ini perlu diperhatikan? Karena, hanya melalui layanan customer service tersebut saya dapat menyampaikan pertayaan dan mereka juga merespon semua keluhan dengan cepat.

Daftar Bank di Indonesia yang memiliki layanan kartu kredit virtual

Berikut ini adalah daftar beberapa bank di Indonesia telah memberikan layanan kartu kredit virtual.

Bank Nasional Indonesia (BNI)

Pertama ada Bank Nasional Indonesia (BNI) kebetulan saya pribadi kemarin menggunakan layanan Bank BNI untuk pembuatan kartu kredit virtual. Namun, sebelum anda menggunakan layanan dari Bank BNI tentunya wajib memilik rekening BNI dan telah melakukan aktivasi SMS banking.

Untuk cara penggunaannya cukup mudah menurut saya anda tinggal ketikan “BELI (spasi) VIRTUAL (spasi) CARD (spasi) NUMBER (spasi) jumlah nominal uang yang akan digunakan untuk transaksi” lalu anda kirim ke nomor 3346. Setelah itu nanti anda akan mendapatkan sms balasan berupa nomor kartu 16 digit, 4 digit masa berlaku serta 3 digit nomor CVV dan itu hanya berlaku selama 2 jam terhitung sejak diterima dan hanya bisa digunakan satu kali.

Bank Mandiri

Sedikit berbeda dengan Bank Nasional Indonesia (BNI) layanan kartu kredit virtual dari Bank Mandiri lebih menekankan pada penggunaan one time password (OTP) alias kode sandi sekali pakai.

Untuk dapat menggunakan layanan kartu kredit virtual dari bank mandiri anda harus sudah memiliki akses internet banking jika belum memiliki, silahkan aktifkan dahulu ke kantor Bank Mandiri terdekat.

Cara penggunaannya pun lebih simpel dari Bank BNI menurut saya, anda cukup masukkan 3 digit nomor CVV di belakang kartu debit mandiri anda pada kolom situs merchant e-commerce yang udah diverifikasi Visa (verified by Visa/3D secure). Nanti secara otomatis sistem dari Bank Mandiri akan mengirim kode OTP ke ponsel kita untuk verifikasi transaksi.

Bank Central Asia (BCA)

Selain Bank Nasional Indonesia dan Bank Mandiri, Bank BCA juga memberikan layanan kartu kredit virtual namun cara penggunaannya berda lagi tidak sama dengan Bank BNI dan Mandiri.

Untuk dapat menggunakannya pastikan anda telah memiliki akses KlikPay dengan cara memasukkan user ID dan password jika belum silahkan datangi dahulu kartor Bank BCA terdekat untuk mendapatkan akses tersebut.

Cara penggunaannya saat anda ingin membeli barang di e-commerce yang telah mendukung transaksi KlikPay, silahkan anda pilih layanan tersebut sebagai metode pembayaran. Nanti, anda akan diarahkan ke halaman login BCA KlikPay.

Layanan kartu kredit virtual dari Bank BCA memang sedikit terbatas karena dapat meharuskan pada e-commerce yang telah mendukung transaksi KlikPay.

CIMB Niaga Indonesia

Bank CIMB Niaga Indonesia juga telah menyediakan layanan kartu kredit virtual. Untuk menggunakannya anda harus mengunduh aplikasi OctoPay di Playstore atau Appstore, silahkan anda ikuti petunjuk yang ada di dalam aplikasi tersebut. Namun, sebelumnya anda harus memiliki rekening CIMB Niaga Indonesia dahulu.

Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN)

Bank Tabungan Pensiunan Nasional juga telah menyediakan layanan kartu kredit virtual bagi anda yang belum memiliki rekening Bank BNI, Mandiri, BCA dan CIMB Niaga Indonesia saya sarankan untuk menggunakan BTPN kenapa? Karena anda bisa melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Jenius yang dapat anda unduh melalui Playstore dan Appstore.

Cukup sampai disini dahulu penjelasan saya tentang Layanan Virtual Credit Card (VCC) dari beberapa Bank di Indonesia. Silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih