Cara Menghindari Investasi Kripto Bodong

Banyaknya orang yang tidak bertanggung jawab mereka memanfaatkan popularitas kripto dengan menawarkan aset kripto scam, berkedok investasi kripto
Desain Foto - Nurul Huda

Kemajuan teknologi telah merubah seluruh aktivitas kegiatan masyarakat, termasuk juga telah merubah cara berinvestasi masyarakat. Berdasarkan infomasi dari media - media Nasional Indonesia sedang menggandrungi investasi pada aset kripto bahkan beradasarkan data yang telah saya baca antusias masyarakat berinvestasi pada aset kripto melebihi saham. Sangat disayangkan, apabila antusias tinggi masyarakat tersebut tidak dibarengi dengan pengetahuan dan wawasan yang baik terhadap aset kripto.

Perkembangan teknologi blockchain telah menghasilkan banyaknya varasi jenis aset kripto bahkan sekarang sudah lebih dari 10.000 jenis token / aset kripto yang telah dipasarkan. Dengan jumlah variasi aset kripto yang begitu banyak, ditambah lagi banyaknya orang - orang yang tidak bertanggung jawab mereka memanfaatkan popularitas kripto dengan menawarkan aset kripto scam, modus penipuan berkedok investasi kripto yang mereka lakukan juga beragam ada yang melakukannya dengan cara menawarkan koin bodong, multi level marketing (MLM), Pencurian aset dan data pribadi dan lain sebagainya.

Tidak sedikit masyarakat yang tergiur dengan iming - iming akan mendapatkan keuntungan namun endingnya mereka rugi akibat dari perlakuan orang - orang yang tidak bertanggung jawab tersebut ditambah lagi karena masih banyak calon investor aset kripto yang belum memiliki wawasan dan pengetahuan tentang aset kripto secara baik.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan dan wawasan tentang cara menghindari investasi kripto bodong, scam, multi level marketing (MLM), Phising dan lain-lain.

Petama: Saran saya untuk para calon invertor kripto yang masih baru, pilihlah platform pasar fisik aset kripto / market exchange yang telah terdaftar di Bappebti. Kenapa harus memilih market exchage yang terdaftar di Bappebti? Karena Pemerintah Indonesia telah menetapkan aset kripto sebagai aset komoditas dan semua jenis transaksinya telah diatur oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappbepti).

Pada artikel sebelumnya juga telah saya bahas tentang market exchange dan jenis koin kripto apa saja telah terdaftar di Bappebti disini: Market Exchange yang telah Terdaftar di Bappebti dan Jenis-jenis Mata Uang Kripto yang dapat diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto Indonesia Silahkan anda baca kembali!.

Sekali lagi saran saya, sebelum anda memutuskan untuk memulai / melakukan investasi koin kripto, alangkah baiknya jika anda mencari informasi terlebih dahulu, koin yang ditawarkan sudah dan platformnya sudah terdaftar di Bappebti apa belum jangan sampai anda berinvestasi pada jenis aset dan pada platforn market exchange yang tidak terdaftar Bappebti agar supaya dana yang di investasikan tidak lenyap terjebak investasi bodong, scam dan MLM.

Kedua: seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa selain memilih plaftform market exchage yang telah terdaftar di Bappebti anda juga harus memilih aset kripto yang terdaftar di Bappebti juga atau pilihlah aset kripto yang baik dan tepat. Caranya anda harus mencari infomasi tentang seluk - beluk koin kripto tersebut sebelum benar - benar anda memutuskan untuk berinvestasi. Minimal anda telah mengetahui tentang fungsi, tujuan dan kegunaan (utility) pembuatannya. Selain itu anda juga dapat mencari informasi tentang roadmap dan rekam jejaknya bagaimana? klo ada waktu sempatkan juga untuk membaca whitepaper yang telah mereka bagikan dapat diunduh secara bebas kok di internet biasanya mereka sematkan pada halaman situs website mereka.

Ketiga: Belajar dan melakukan riset, selain 2 poin diatas tidak kalah pentingnya juga anda harus belajar dan melakukan riset, karena wawasan dan pengetahuan adalah modal utama bagi seorang investor koin kripto. Tanpa wawasan dan pengetahuan yang memadai, bisa saja dana yang anda investasikan hilang begitu saja. Maka dari itu, sangat disarankan bagi pemula untuk banyak - banyak belajar dan mencari informasi tentang investasi aset kripto dengan benar telebih dahulu. Anda dapat mempelajarinya melalui media sosial seperti situs Nurul Huda ID dan situs - situs yang lainnya atau melalui youtube selain itu anda juga bisa mengikuti kelas atau webinar yang diadakan oleh media -media kripto atau komunitas tertentu. Telah banyak kok komunitas aset kripto yang membuat acara-acara tersebut untuk mengedukasi anggotanya dalam berinvestasi koin kripto.

Keempat: Jangan malu - malu untuk bergabung dengan komunitas aset kripto yang tepat, anda juga bisa bergabung di komunitas saya: Menteri Trading atau anda juga bisa bergabung pada komunitas yang lain, intinya jangan segan - segan untuk bergabung kedalam komunitas, karena aset kripto ini dapat tumbuh dan berkembang karena adanya komunitas. Melalui komunitas juga dari masing - masing investor dapat saling bertukar informasi dan berbagi wawasan serta pengetahuan tentang aset kripto.

Demikianlah edukasi singkat saya tentang bagaimana cara menghindari investasi scam dan bodong pada aset kripto, semoga artikel ini dapat memberi sedikit wawasan dan pengetahuan kepada anda. Silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih