Cara Membuat dan Menjual NFT di OpenSea

OpenSea merupakan salah satu pasar NFT yang paling populer dan terkenal saat ini walaupun masih ada beberapa pasar NFT terkenal lainnya seperti Raribl
Redesain Foto Screenshot - opensea.io

Sesuai janji saya sebelumnya pada kali saya akan menulis artikel tentang bagaimana cara membuat token NFT sendiri.

Awalnya Token Kripto berbasis NFT dibuat di bawah jaringan Ethereum, (ETH) yaitu ERC-1155 dan ERC-721 dengan menggunakan layanan dompet DeFi yang support terhadap jaringan Ethereum seperti MetaMask Miew Im Token dan lain - lain.

Namun, sekarang sesuai perkembangannya token NFT tidak hanya pada jaringan Ethereum, (ETH) lagi sekarang platform besar seperti Binance, (BNB) EOS, (EOS) NEO, (NEO) Tron, (TRX) dan lain - lain juga sudah mulai merilis token NTF mereka sendiri dan tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya masing - masing.

Karena platform yang merilis NFT sudah banyak, maka saya harus memilih salah satu platform dahulu yang akan saya jadikan percontohan edukasi kali ini, dan disini saya akan memilih platform token NFT yang paling populer dan terkenal yaitu Opensea sebuah platform NFT di bawah jaringan Ethereum, (ETH) kedepan InsyaAllah akan saya buatkan juga contohkan pembuatan NFT dari platform yang lain seperti Binance, Tron InsyaAllah.

Cara Membuat NFT di OpenSea

Walaupun anda sebenarnya dapat membuat token NFT dengan alternatif pilihan platform yang telah tersedia seperti yang saya jelas tadi namun, disini saya akan fokus pada satu platform OpenSea dahulu agar supaya bahasan kita nantinya tidak melebar kemana - mana dan mudah dimengerti.

OpenSea merupakan salah satu pasar NFT yang paling populer dan terkenal saat ini walaupun masih ada beberapa pasar NFT terkenal lainnya seperti Rarible dan SuperRare. Untuk membuat token NFT di OpenSea caranya cukup mudah mari langsung kita praktikan bersama:

Pertama - Siapkan Dompet DeFi
Langkah pertama yang harus anda persiapkan sebelum membuat token NFT di OpenSea adalah membuat dompet DeFi fungsinya adalah untuk menyimpan gas Ethereum, (ETH) dan token NFT yang akan anda buat nantinya.

Umumnya Platform OpenSea akan merekomendasikan untuk menggunakan dompet DeFi MetaMask sebagai dompet DeFinya walaupum sebenarnya anda tetap bisa menggunakan dompet DeFi lain yang masih support terhadap jaringan Ethereum seperti TrustWallet. Jika anda belum memiliki dompet metamask silahkan anda buat terlebih dahulu untuk panduannya lihat disini: Cara Membuat Dompet MetaMask

Kedua - Masuk kehalaman OpenSea disini: OpenSea
Setelah anda masuk kehalaman OpenSea, kemudian, silahkan anda arahkan kursor pada ikon profile letaknya di bagian kanan atas dan pilih My Profile (Profil Saya).

Ketiga - Siapkan Akun OpenSea
Silahkan anda masuk Dompet Metamask, dengan pilih Sign In atau pilih Use Different Wallet jika menggunakan dompet selain Metamask, masukan kata sandi dan klik berikutnya.

Redesain Foto Screenshot - opensea.io

Sampai disini anda telah berhasil membuat akun Opensea, sebenarnya sederhana anda hanya menghubungkan dompet metamask dengan opensea, mari kita lanjutkan ke tahap berikutnya

Keempat: Setup My Collections
Setelah anda berhasil menautkan dompet metamask anda ke akun OpenSea, silahkan anda klik profile dan pilih My Collections untuk membuat token NFT Klik Create a collection.

Redesain Foto Screenshot - opensea.io

Selanjutnya silahkan anda masukkan detail untuk koleksi NFT anda seperti logo, nama dan deskripsinya, kemudian klik create.

Redesain Foto Screenshot - opensea.io

Kelima: Menambahkan Karya Baru untuk dijadikan NFT
Setelah selesai mengisi detail koleksi, langkah selanjutnya adalah silahkan anda klik Add New.

Redesain Foto Screenshot - opensea.io

Setelah anda meng - klik Add New nanti anda akan diminta untuk mengupload metadata dari karya seni yang akan dijadikan NFT misalnya gambar, video dan audio tergantung karya seni apa yang anda miliki selanjutnya silahkan anda buat nama NFT Anda.

Redesain Foto Screenshot - opensea.io

Keenam: Klik Create
Setelah anda meng - klik create disini maka anda telah berhasi membuat token NFT untuk karya seni anda. Mudahkan cara membuatnya?

Setelah anda berhasil membuat karya seni anda ke NFT tentu langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menjualnya ke market OpenSea agar supaya menghasilkan uang. Namun, sebelum lanjut ke penjualan anda harus menyiapkan saldo berupa koin Ethereum, (ETH) dahulu di akun dompet anda.

Saldo Ethereum, (ETH) tersebut berguna untuk membayar gas atau biaya saat anda melakukan transaksi melalui blockchain Ethereum, (ETH).
Berapa biaya gas Ethereum, (ETH) yang diperlukan untuk penjualan NFT di OpenSea? Biayanya bervariasi tergantung pada kesibukan jaringan blockchain Ethereum, (ETH). Semakin tinggi jumlah yang melakukan transaksi pada waktu tertentu maka semakin tinggi pula harganya dan begitu sebaliknya.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Untuk menjual aset NFT yang telah anda buat sebelumnya ke pasar NFT cara cukup mudah:

Pertama: Silahkan anda klik menu My Profile, selanjutnya pada menu in Wallet silahkan anda pilih item NFT yang ingin anda jual.

Redesain Foto Screenshot - opensea.io

Kedua: Setelah anda memilih item NFT yang ingin anda jual silahkan anda klik jual atau sell pada bagian pojok kanan atas, dan anda akan dibawa ke menu halaman penentuan harga dan waktu listing.

Redesain Foto Screenshot - opensea.io

Ketiga: Selanjutnya silahkan anda isi detail penjualan yang anda inginkan. Anda bisa melakukan pilihan harga menurun, tetap dan lelang. selanjutnya silahkan anda atur kapan waktu listingnya dan jangan lupa silahkan anda tetapkan juga harganya.

Redesain Foto Screenshot - opensea.io

Keempat: klik Post Your Listing

Nah sampai disini anda telah selesai menjual token NFT anda di marketplace OpenSea, sekarang anda hanya tinggal menunggu sampai ada orang yang tertarik terhadap karya NFT anda dan mereka membelinya, nantinya hasil dari penjualan anda akan secara otomatis masuk ke dompet metamask anda apabila NFT yang anda buat telah terjual.

Cukup sampai disini panduan membuat dan menjual token NFT di OpenSea, jika ada kritik dan saran silahkan anda kirimkan melalu kontak atau kolom komentar. Silahkan anda share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih

Perhatian: Perdagangan aset kripto memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi. Saya sangat merekomendasikan anda untuk melakukan riset sebanyak mungkin dengan mempertimbangkan analisis teknis terkini, tren pasar dan pendapat para ahli sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi pada aset kripto dan Pilihlah pasar fisik dan jenis kripto yang telah terdaftar di Bappebti serta Pertimbangankanlah aset keuangan lainnya.
Kami disini bukan sebagai penasehat keuangan dan kami tidak memaksa anda untuk melakukan transaksi membeli, menjual dan menyimpan aset kripto sebagai investasi / atau aksi mencari keuntungan lainya. Semua keputusan transaksi perdagangan aset kripto tersebut dan akibat yang akan timbul merupakan keputusan dan tanggung jawab independen anda sendiri.