Cara Memprediksi Harga Bitcoin - Koin Kripto dengan Teknik Analisa Chart Pattern

Chart pattern dalam dunia trading saham maupun cryptocurrency merupakan prinsip dasar Dow Theory yang mana harga saham atau kripto akan terus bergerak
Teknik Analisa Chart Pattern

Chart pattern dalam dunia trading saham maupun cryptocurrency merupakan prinsip dasar Dow Theory yang mana harga saham atau kripto akan terus bergerak berulang hingga membentuk suatu pola-pola tertentu (history repeats it self). Dengan mempelajari pola-pola pergerakan yang telah terjadi dalam pergerakan harga saham atau kripto sebelumnya hal ini dapat membantu seorang investor untuk memutuskan dan memprediksi kemana arah harga saham atau kripto selanjutnya.

Chart Pattern merupakan sebuah grafik yang tebentuk dari perubahan pola candle stick atau dari perubahan pergerakan harga saham / kripto yang telah terjadi secara berulang-ulang. Bentuk atau model dari pola grafik tersebut dapat digunakan oleh seorang investor untuk memprediksi pergerakan harga saham atau kripto psda masa yang akan datang. Pola Chart Pattern dapat diamati pada semua time frame mulai dari menitan, jaman, harian, minguan, bulanan dan bahkan tahunan.

Secara umum chart pattern terbagi menjadi tiga kategori:
  1. Pola Pembalikan Trend (Reversal Pattern)
  2. Pola Pelanjutan Trend (Continuation Pattern) dan
  3. Pola Pembalikan atau Pelanjutan Trend (Bilateral Pattern)
Ada banyak model / bentuk Chart Pattern yang dapat dipelajari setidaknya ada 15 model chart yang insyaAllah akan saya update pada artikel nantinya berikut adalah beberapa model atau bentuk Chart Pattern tersebut.

Chart Pattern 1 - Pola Double Top

Model pola double top adalah sebuah pola yang dapat mengindikasikan pergarakan harga akan mengalami reversal (pembalikan arah). Pola ini biasanya terbentuk setelah terjadinya pola uptrend yang kuat.

Double Top Double Top 2

Chart Pattern 2 - Double bottom

Model pola Double bottom adalah sebuah pola yang dapat mengindikasikan pergarakan harga akan mengalami reversal (pembalikan arah) pola ini biasanya terbentuk setelah terjadinya pola downtrend yang kuat.

Double bottom Double bottom 2

Chart Pattern 3 - Bullish dan Bearish Pennant

Model pola Bullish terbenuk setelah pergerakan yang cenderung naik (uptrend) atau turun (downtrend) para trader penjual dan pembeli mulai lelah dan beristirahat beberapa waktu (konsolidasi) dengan membentuk pola seperti segitiga menyamping sebelum akhirnya terus melanjutkan pergerakan sebelumnya.

Bullish Bearish Pennant

Chart Pattern 4 - Cup and Handle Pattern

Model ini dinamakan Cup And Handle Pattern karena menyerupai bentuk cangkir dan pegangannya. Pola ini menunjukan bahwa pola uptrend akan berkelanjutan.

Cup and Handle Pattern

Chart Pattern 5 - Bullish dan Bearish Flag Pattern

Pola Flag/Bendera termasuk sebuah pola berkelanjutan. Pergerakan harga terjadi dikisaran range yang sempit, menunjukkan pola konsolidasi sebelum trend yang terjadi sebelumnya berlanjut.

Bullish dan Bearish Flag Pattern

Chart Pattern 6 - Head and Shoulder

Model pola Head and Shoulders Pattern adalah pola yang seolah-olah membentuk kepala dan bahu (kiri dan kanan). Pola head and shoulders sering ditemui ketika uptrend dan pola ini mengindikasikan bahwa setelah pola ini terbentuk, memiliki kemungkinan harga akan mengalami perubahan dari uptrend menjadi downtrend.

Head and Shoulder

Chart Pattern 7 - Inverted Head and Shoulders

Model Pola inverted head and shoulders merupakan kebalikan dari head and shoulder. Biasanya pola ini dapat ditemui ketika saat downtrend dan mengindikasikan akan mengalami uptrend.

Inverted Head and Shoulders

Chart Pattern 8 - InsyaAllah akan diupdate dilain waktu

Demikian pola-pola chart pattern yang paling sering muncul dalam pergerakan harga suatu saham atau kripto. Dan akan lebih sempurna jika pola chart pattern ini didukung oleh indikator teknikal lain seperti MACD, RSI, KDJ Dll.

Perhatian: Perdagangan aset digital Kripto baik itu spot, margin maupun futures memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi, sebelum anda memutuskan untuk bergabung sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu dan pilihlah platform exchange yang telah terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa anda untuk melakukan transaksi menjual, membeli dan menyimpan aset Digital tersebut sebagai investasi / atau aksi mencari keuntungan lainya. Semua keputusan transaksi perdagangan aset Digital tersebut dan akibat yang akan timbul merupakan keputusan dan tanggung jawab independen oleh anda.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan jangan lupa dishare ke media sosial ya agar sahabat kita yang lain juga mengetahuinya. Terima kasih