Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia

Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia

Dalam menghadapi era globalisasi dan revolusi industri 5.0 sekarang ini, bahwa perkembangan teknologi dan informasi berkembang sangat cepat. Menuntut sebuah organisasi perusahaan untuk memiliki sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut agar supaya mereka mampu bersaing, tetap produktif secara efektif dan efisien dalam mewujudkan tujuan organisasi perusahaaan.

Cara yang dapat dilakukan oleh organisasi perusahan dalam mengahadapi tantangan-tantangan tersebut adalah salah satunya dengan memperhatikan dan mengupgrade kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya melalui program pengembangan sumberdaya manusia.

Program pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh sebuah organisasi perusahaan harus tepat pada sasaran, implementasinya tidak boleh dilakukan secara srampangan begitu saja, mengingat hal ini menyangkut dengan kualitas sumber daya manusia yang dapat berdampak langsung terhadap produktivitas dan keberlangsungan pekembangan organisasi tersebut dalam mencapai tujuan.

Mengingat akan pentingnya dari kualitas sumber daya manusia maka program pengembangan sumber daya manusia harus dilakukan secara berkelanjutan dan atas dasar perncanaan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi perusahaan.

Dalam penerapan strategi pengembangan sumber daya manusia, sebenarnya tidak hanya melulu melalui pendidikan dan pelatihan semata, pengembangan juga dapat dilakukan melalui pemberian penghargaan, pemberian kesempatan kepada anggota untuk menyalurkan ide, menanamkan sikap loyalitas terhadap perusahaan dll.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang apa saja strategi pengembangan sumber daya manusia yang dapat diterapkan oleh organisasi perusahaan adalah sebagai berikut:
  1. Mengadakan pendidikan, pelatihan dan pembinaan, melalui program pendidikan, pelatihan dan pembinaan anggota organisasi diharapkan dapat meningkatkan potensi, kreativitas, keterampilan dan loyalitas para anggotanya terhadap organisasi. Sebuah organisasi perusahaan tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya kualitas sumber daya manusia yang memadai.
  2. Memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk menuangkan ide, strategi selanjutnya adalah dengan memberikan kesempatan kepada setiap anggota untuk menyalurkan ide yang dimiliki. Strategi ini sebenar cukup menguntungkan bagi semua pihak, baik bagi organisasi perusahaan, anggota dan konsumen. Ide dan gagasan yang masuk akan dipertimbangkan dan jika sesuai dengan perencanaan organisasi akan diterima, hal ini sangat menguntungkan bagi organisasi perusahaan, berawal dari sini inovasi produk dapat dilakukan dan pelayanan dapat ditingkatkan, bagi anggota tentunya mereka akan merasa dihargai dan bagi konsumen, mereka akan mendapatkan lebih banyak pilihan produk atau layanan yang bisa dipilih.
  3. Memberikan apresiasi / penghargaan, memberi penghargaan kepada anggota organisasi perusahan merupakan bagian dari strategi pengembangan sumber daya manusia. Dengan adanya pemberian apresiasi / penghargaan akan membuat mereka termotivasi untuk dapat menjadi yang lebih baik lagi. Sikap loyalitasnya terhadap perusahaan akan semakin tinggi karena merasa dihargai dan hal tersebut akan memberi kontribusi yang cukup besar terhadap organisasi perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Cukup sampai disini penjelasan singkat Nurul Huda tentang strategi pengembangan sumber daya manusia, jika ada yang perlu ditanyakan atau ingin sekedar memberikan kritik dan saran pada artikel saya ini, silahkan anda tulis pada kolom komentar dan kedepan insyaAllah akan saya lanjutkan pembahasannya dengan tema Fungsi pengembangan sumber daya manusi. Terima Kasih