Peran Penting Pengembangan Sumber Daya Manusia

Peran Penting Pengembangan Sumber Daya Manusia

Diawal pembahasan telah dijelaskan bahwa pengembangan sumber daya manusia memiliki peran yang besar dalam membantu mewujudkan tujuan organisasi perusahaan.

Peran tersebut terlihat bahwa pengembangan sumber daya manusia mampu meningkatkan kualitas kinerja para anggota atau karywan organisasi perusahaan. Untuk lebih meperjelas peran pengembangan sumber daya manusia tersebut, dapat dilihat dari hasil-hasil riset berikut ini:
  1. Hasil riset yang dilakukan oleh findarti (2016) dengan judul: pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai pada kantor badan kepegawaian daerah provinsi kalimantan timur dengan variabel tugas belajar, promosi dan kinerja menunjukan bahwa pengembangan sumber daya manusia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai yaitu sebesar 31%.
  2. Hasil Riset yang dilakukan oleh kurniawan (2018) dengan judul: pengaruh kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia terhadap kepuasan kerja, motivasi kerja dan kinerja karyawan bank sulselbar dengan indikator praktik seleksi, program pelatihan dan pengembangan karir, sistem evaluasi kinerja dan jaminan kerja menunjukan bahwa pengembangan sumber daya manusia berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap kinerja anggota atau karyawan organisasi perusahaan.
  3. Dan hasil riset yang dilakukan oleh Dipang, (2013) dengan judul pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan kinerja karyawan pada PT. Hasirat Abadi Manado dengan indikator pemilihan kriteria karyawan, pemberian jaminan, insentif, reward, melakukan penilaian dan promosi jenjang karir menunjukan bahwa pengembangan sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan.
Dari beberapa hasil riset diatas dapat disarikan bahwa pengembangan sumber daya manusia tidak boleh dipandang sebelah mata oleh organisasi peruhaan yang ingin mencapai tujuannya. Anda juga bisa menelusuri hasil-hasil riset yang lain tentang pengembangan sumber daya manusia pada jurnal-jurnal manajemen yang telah terpublikaksi.