Fungsi Pengembangan Sumber Daya Manusia

Fungsi Pengembangan Sumber Daya Manusia

Setelah mempelajari apa saja strategi-strategi dalam pengembangan sumber daya manusia yang efektif dan efisien pembahasan selanjutnya adalah untuk mengetahui apa saja fungsi dari pengembangan sumber daya manusia.

Berikut ini adalah rincian dari fungsi pengembangan sumber daya manusia adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan produktivitas, melalui program pengembangan sumber daya manusia diharapkan seluruh anggota atau karyawan organisasi perusahaan dapat meningkatkan produktivitasnya. Di mana setelah mendapatkan pendidikan atau pelatihan mereka mampu menciptakan kuantitas dan kualitas produk yang baik bahkan mungkin akan tercipta sebuah pruduk dengan varian yang baru, sehingga mampu menjamin loyalitas konsumen dengan menyediakan beberapa produk alternatif yang disediakan.
  2. Mengurangi kerusakan produk, melalui program pengembangan sumberdaya manusia, akan menciptakan seorang anggota atau karyawan yang lebih terampil dan berkualitas sehingga mereka dapat meminimalisir resiko kerusakan atau kecelakaan dalam bekerja.
  3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi, program pengembangan sumber daya manusia adalah untuk melatih skill dan keterampilan para anggota atau karyawan. Tentunya dengan keahlian dan keterampilan yang mereka dapatkan dari program pengembanga tersebut dapat membantu mereka dalam menyelesaikqn pekerjaannya secara efektif dan efisien.
  4. Meningkatkan kualitas kepemimpinan, melalui program pengembangan sumber daya manusia selain dapat meningkatkan kualitas dan keterampilan bekerja diharapkan para anggota atau karyawan memiliki sikap atau jiwa kepemimpinan (leadership) yang baik. Sehingga mereka mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawabnya dalam sebuah organisasi perusahaan.
  5. Meningkatkan kualitas pelayanan, melalui program pengembangan sumber daya manusia, para anggota atau karywan dapat memberiakan dan menciptakan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi dan memenuhi standar. Pelayanan yang baik memang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena hal ini berhubungan dengan penilaian konsumen. Jika pelayanan yang diberikan baik tentu loyalitas dan kenyamanan konsumen tetap terjaga.
  6. Meningkatkan moral yang baik, moral yang baik dari para anggota atau karywan juga sangat membantu sebuah organisasi perusahaan mencapai tujuaan. Diharapkan melalui program pengembangan sumber daya manusia tesebut kualitas moral para anggota atau karyawan dapat ditingkatkan, mereka diharapkan memiliki etos dan disiplin kerja yang baik loyalitas terhadap organisasi perusahaan tinggi dll.