Definisi Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Dalam struktur sebuah organisasi perusahaan pasti memiliki bagian pengembangan Sumber Daya Manusia dalam struktur organisasinya. Tugas dan tanggung jawab dari bagian pengembangan Sumber Daya Manusia adalah untuk membantu para anggotanya dalam menambah pengetahuan, mengembangkan kepribadian personal dan keterampilan organisasional mereka.

Pada dasarnya pengembangan Sumber Daya Manusia tidak hanya melulu melalui pendidikan dan pelatihan saja. Namun terdapat beberapa opsi dan strategi yang dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan tersebut dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia yang dimilikinya, seperti dengan cara memeberikan kesempatan kepada anggotanya untuk menyalurkan ide, memberikan penghargaan, fasilitas dan lain-lain yang insyaAllah akan saya bahas pada postingan selanjutnya.

Pada postingan ini Nurul Huda hanya fokus pada bahasan tentang definisi pengembangan Sumber Daya Manusia.

Pengembangan Sumber daya manusia dapat didefinisikan sebagai suatu aktivitas yang dilakukan oleh sebuah oraganisasi perusahaan dalam kurun waktu tertentu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian sumber daya manusia yang dimilikinya, agar mereka mampu menjalankan tugasnya secara efektif dan efisien.

Agar supaya lebih jelas disini saya sajikan beberapa definisi tentang Pengembangan Sumber daya Manusia menurut para Ahli sebagai berikut:

Pengembangan Sumber daya Manusiq adalah sebuah rangkaian aktivitas perusahaan yang dilakukan dalam waktu tertentu dan dirancang untuk melahirkan perubahan sikap karyawan. - Leonard Nadler
Pengembangan Sumber daya manusia adalah proses di mana karyawan dalam sebuah perusahaan dibantu secara terencana untuk meningkatkan kemampuan sehingga bisa menyelesaikan berbagai macam tugas yang berhubungan dengan peran mereka di masa depan. - Prof. T.V. Rao
Pengembangan sumber daya manusia adalah upaya berkesinambungan meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam arti yang seluas-luasnya, melalui pendidikan, latihan, dan pembinaan. - Silalahi (2000 : 249)
Pengembangan sumber daya manusia merupakan pendekatan strategis untuk melakukan investasi dalam sumber daya manusia. Pengembangan sumber daya manusia menyediakan kerangka kerja untuk pengembangan diri, program pelatihan dan kemajuan karir yang disesuaikan dengan kebutuhan keterampilan dalam organisasi di masa yang akan datang. - Price (2011:455)
Pengembangan sumber daya manusia adalah proses untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam membantu tercapainya tujuan organisasi. - Bangun (2012)
Pengembangan sumber daya manusia dapat dipahami sebagai penyiapan individu karyawan untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau lebih tinggi di dalam organisasi. - Priansa (2014:146)
Pengembangan sumber daya manusia adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengembangkan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan pekerja, demikian juga dengan kompetensi-kompetensi yang dikembangkan melalui pelatihan dan pengembangan, pembelajaran organisasi, manajemen kepemimpinan, dan manajemen pengetahuan untuk kepentingan peningkatan kinerja. - Chris Rowley dan Keith Jackson (2012:88)
Pengembangan sumber daya manusia berkaitan dengan tersedianya kesempatan dan pengembangan belajar, membuat program-program training yang meliputi perencanaan, penyelenggaraan, dan evaluasi atas program-program tersebut. - Armstrong (1997:507)

Demikian penjelasan singkat Nurul Huda tentang Definisi Pengembangan Sumber daya Manusia, kedepannya insyaAllah pembahasan ini akan saya lanjutkan kembali dengan tema stategi pengembangan sumber daya manusia.