-->

Pengertian dan Ciri-ciri Organisasi

Pengertian dan Ciri-ciri Organisasi

Pengertian Organisasi

Menurut Hafidhuddin, Organisasi pada dasarnya adalah sebuah tempat / wadah interaksi-interaksi orang melakukan kegiatan untuk meraih tujuan yang sama.
Menurut Stephen P. Robbins, Organisasi adalah suatu entitas sosial yang telah terkoordinir dan memiliki batasan yang dapat dipahami serta berjalan berdasarkan rencana di sepanjang waktu dalam rangka meraih tujuan (goal) bersama.

Ciri-ciri Organisasi

  1. Memiliki tujuan dan sasaran untuk mencapai tujuan
  2. Memiliki komponen atasan dan bawahan
  3. Memiliki Keterikatan format dan tata tertib
  4. Menjalankan kerja sama yang terstruktur
  5. Menjalankan pendegelasian wewenang dan
  6. Mengkoordinasikan tugas-tugas

Fungsi Organisasi

Ada beberapa fungsi diciptakannya sebuah organisasi, diantaranya adalah:
  1. Sebagai sarana memberikan arahan tentang apa saja yang harus dilakukan dan ditinggalkan
  2. Sebagai pusat kegiatan
  3. Sebagai wadah untuk meningkatkan skill / kemampuan individu anggota organisasi
  4. Sebagai sarana dalam memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada individu anggota organisasi

Tujuan Organisasi

Menurut Nurul Huda, Organisasi dibentuk karena ada sebuah tujuan yang ingin dicapai secara bersama sama dengan orang orang yang tergabung dengan organisasi.
Menurut C. Perrow dalam handoko mengklasifikasikan tujuan organisasi menjadi lima tipe tujuan organisasi, yaitu:
  1. Tujuan Kemasyarakatan (Societal Goals), pada umumnya organisasi bertujuan memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat dan cakupannya sangat luas misalnya: organisasi yang memproduksi suatu produk / barang, memberikan pelayanan jasa, mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai budaya, dan lain lain sebagainya.
  2. Tujuan Keluaran (Output Goals), tujuan organisasi pada ketegori ini adalah lebih ditujukan untuk jenis-jenis keluaran yang dihasilkan misalnya: barang-barang konsumen, jasa-jasa bisnis, pemeliharaan kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.
  3. Tujuan Sistem (System Goals), adalah merupakan suatu pernyataan atau cara pelaksanaan fungsi organisasi, tujuan ini biasanya tidak hanya bergantung pada produk atau jasa Misalnya: tujuan oraganisasi tersebut adalah untuk mendorong laju pertumbuhan, menjaga stabilitas laba atau menciptakan sebuah metode pelaksanaan, pengawasan dan lain sebagainya.
  4. Tujuan Produk (Product Goals), pada ketegori ini tujuan organisasi lebih fokus pada karakteristik sebuah produk yang dihasilkan Misalnya: tujuannya adalah untuk menjaga kualitas produk atau untuk jumlah kuantitas produk, menjaga ketersediaan produk, keunikan model produk, keaneka ragaman produk, inovasi / pembaharuan produk, dan lain sebagainya.
  5. Tujuan Turunan (Devired Goals), pada ketegori ini tujuan organisasi digunakan untuk memperoleh kekuasaan atau untuk mencapai tujuan-tujuan yang lain Misalnya: untuk tujuan politik, untuk melayanani masyarakat, untuk mengembangkan individu / karyawan dan lain sebagainya.
Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan jangan lupa dishare ke media sosial ya agar sahabat kita yang lain juga mengetahuinya. Terima kasih

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar