-->

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno Menagement, yang memiliki arti Seni melaksanakan dan mengatur. Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif dalam mencapai tujuan dan sasaran. Sedangkan dalam Oxford, Manajemen adalah sebuah proses berhubungan dengan cara mengendalikan sumber daya manusia atau benda.
The process of dealing with or controlling people or things. - Oxford.
Selain itu manajemen juga diartikan sebagai kepimpinan yang bertanggung jawab dalam menjalankan sebuah organisasi atau perusahaan.
Para Ahli dalam Manajemen telah mendefinisikan manajemen sebagai berikut:
Luther Gulick, mendifinisikan Manajemen sebagai ilmu pengetahuan (science) yang secara sistematik berupaya untuk memahami manusia mengapa mereka mau berkerja sama dan bagaimana mereka melakulan sesuatu yang lebih bermanfaat dalam mencapai tujuan.
Menurut Malayu S.P.Hasibuan, Manajemen adalah sebagai ilmu dan seni dalam mengatur sebuah proses pemanfaatan sumber daya (manusia dan sumberdaya lainnya) secara efektif dan efisien dalam mencapai suatu tujuan tertentu.
Menurut Manullang, Manajemen adalah sebagai seni dan ilmu mencatat, mengorganisasi, menyusun, mengarahankan, melakukan pengawasan terhadap sumber daya manusia guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Menurut Mary Parker Follett, Manajemen adalah suatu seni, dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan melalui bantuan orang lain.
Management is the art of getting things done through people. - Mary Parker Follett
Menurut F.W. Taylor, Manajemen adalah seni mengetahui apa yang kamu inginkan untuk dilaksanakan yang kemudian mencari cara mewujudkannya dengan terbaik dan termurah.
Management is the art of knowing what you want to do and then seeing that they do it in the best and the cheapest may. - F.W. Taylor
Menurut Millet, Manajemen adalah proses kepemimpinan dan proses melancarkan suatu pekerjaan bersama orang–orang yang telah terorganisir secara formal yang terbentuk dalam sebuah kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.
Management is the processof directing and facilitating the work of people organized informal group to achieve a desire goal. - Millet
Menurut George R. Terry, Manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan (planning), penyusunan (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controlling) yang mana hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan utama sebuah organisasi dengan cara melibatkan sumberdaya manusia dan sumber daya lainnya.
Management is a distinct process consisting of planning, organising, actuating and controlling, performed to determine and accomplish stated objectives by the use of human beings and other resources. - George R. Terry
Menurut Koontz and Donnel, Manajemen adalah terlaksanannya sebuah pekerjaan melalui bantuan orang-orang lain.
Management is getting thing done through the efforts of other people. - Koontz and Donnel
Menurut Peter Drucker, Manajemen adalah suatu organ yang memiliki multi tujuan dalam mengelola sebuah bisnis, manajer, pekerja dan bekerja.
Management is a multipurpose organ that manage a business and manages Managers and manages Workers and work. - Peter Drucker
Menurut T. Hani Handoko, Manajemen ialah bekerja sama dalam menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan sebuah organisasi dengan cara melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.

Pengertian Manajemen menurut cendikiawan muslim

Didalam perspektif Islam definisi manajemen tidak terlalu jauh berbeda dengan manajemen umum (reguler) karena sesunguhnya praktik-praktik manajemen telah ada sejak alam semesta ini ada. KH. Didin Hafidhuddin, menyatakan bahwa yang menjadi perhatian manajemen menurut perspektif islam adalah perilaku manajemen yaitu dengan menanamkan nilai-nilai ketuhanan (tauhid).
Suprayogo, menyatakan bahwa pola manajemen Islam harus diawali dengan niat baik, kemudian ikhlas, tawakal, sabar, amal sholeh, dan ridho Allah. Karena sesungguhnya manusia ini diciptakan oleh Allah Swt. hanya untuk beribadah kepadaNya.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ
Artinya: Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku. (QS. Az-Zariyat: 56)

Didalam ayat lain yang semakna adalah:

وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا نُوْحِيْٓ اِلَيْهِ اَنَّهٗ لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنَا۠ فَاعْبُدُوْنِ
Artinya: Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum engkau (Muhammad), melainkan Kami wahyukan kepadanya, bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Aku, maka sembahlah Aku. (QS. Al-Ambiya: 25)

Berikut beberap definisi manajemen menurut cedikiawan manajemen muslim: Menurut S. Mahmud Al-Hawary, manajemen (Al-Idarah) ialah:

الإدارة هي معرفة إلى أين تذهب ومعرفة المشاكل التي تجنبها ومعرفة القوي والعوامل التي تنعرض لها معرفة كيفية التصرف لك ولبا خرتك والطاقم الباحرة وبكفاءة وبدون ضياع في مرحلة الذهاب إلى هناك
Artinya: Manajemen adalah mengetahui mengetahui arah tujuan yang akan dituju, apa kesulitan-kesulitan yang harus dihindari, apa kekuatan-kekuatan yang dilaksanakan, dan bagaimana cara anda beserta anggota menakhodai sebuah kapal dengan sebaik-baiknya tanpa melakukan pemborosan waktu dalam mengerjakannya. (S. Mahmud Al-Hawary)

Menurut Mohd. Affandi Hassan, Manajemen ialah berusaha melaksanakan amanah yang diterima manusia dari Allah Swt sebagai makhluk dan khalifah-Nya di muka bumi, dengan cara menjalankan perbuatan amal salih dan bermusyawarah dalam organisasi.
Menurut Slamet, Manajemen proses mengelola sumber daya (sumber daya manusia dan sumber daya lainya) atau input sebuah organisasi yang dilandasi oleh jiwa sebagai khalifah dan beribadah serta berpedoman kepada syariah untuk mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan dunia dan akhirat (al-falah) bagi seluruh umat manusia dan / atau stakeholder yang diridhai Allah SWT dengan berprinsipkan tauhid.
Dari beberapa pengertian manajemen menurut para ahli tersebut, dapat disarikan bahwa pengertian Manajemen adalah ilmu dan seni dari suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya yang ada secara efektif dan efisien serta tidak melanggar ketentuan syariat Islam agar tujuan organisasi, karyawan dan masyarakat dapat tercapai.

Karakteristik Manajemen

Dari definisi-definisi para ahli diatas bahwa manajemen memiliki beberapa karakteristik yaitu:
  1. Manajemen dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai seni
  2. Manajemen merupakan suatu proses penggunaan sumber daya
  3. Manajemen dalam rangka mencapai (goal) tujuannya harus menjalankan usaha-usaha perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating) dan pengawasan (controling).
  4. Manajemen dalam rangka mencapai (goal) tujuan yang telah ditetapkan harus efektif dan efisien dan dilaksanakan dengan cara-cara yang tidak melanggar ketentuan syariat islam.

Fungsi Manajemen

George R. Terry, dalam bukunya Principles of Management Fungsi Manajemen terdiri atas empat (4) fungsi utama yang dikenal dengan istilah P-O-A-C yaitu:
  • Fungsi Perencanaan (Planning) adalah langkah pertama yang dilakukan oleh suatu organisasi dalam menentukan tujuan yang diinginkan dan menyusun rencana / strategi bagaimana cara mencapai tujuan tersebut secara optimal. Rasulullah SAW bersabda:
إن الله يحب إذاعمل أحدكم العمل ان يتقنه (رواه البيهقى)
Artinya: Allah Sangat menyukai orang yang mengerjakan suatu pekerjaan, dilaksanakan secara profesional (HR. Al Baihaqi)
  • Fungsi Pengorganisasian (Organizing) adalah proses penyusunan struktur organisasi dan seluruh sumber daya yang ada serta lingkungan yang melingkupinya kemudian digerakkan melaksanakan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Didalam Al-Quran Surat Ali Imran Allah SWT berfirman:
واعتصموابحبل الله جميعا ولاتفرقواواذكروا نعمت الله عليكم إذكنتم أعداء
Artinya: Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan (QS. Ali Imran: 103)
  • Fungsi Pengarahan (Actuating) adalah upaya untuk menciptakan suasana yang dinamis, sehat agar kinerjanya lebih efektif dan efisien. Allah SWT berfirman:
يأيها الذين أمنوا ادخلوا فى السلم كافة ولا تتبعوا خطوات الشيطان إنه لكم عدو مبين
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu kedalam Islam keseluruhannya, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah setan, karena setan itu musuhmu yang nyata. (QS. Al-Baqarah: 208)
  • Fungsi Pengendalian (Controlling) adalah suatu upaya untuk menilai kinerja yang berpedoman pada standar yang telah direncanakan sebelumnya, selain itu pengendalian juga melakukan koreksi apabila memang dibutuhkan. Allah SWT berfirman:
يأيها الذين أمنوالم تقولون مالاتفعلون
Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? (QS. Ash-Shoff: 1)

Unsur-unsur Manajemen

Unsur-unsur Manajemen dalam penerapannya disebuah organisasi saling berkaitan erat antara satu dengan yang lainnya. Ketiadaan salah satu dari fungsi tersebut maka akan membuat penerapan fungsi manajemen dalam sebuah organisasi tidak berjalan dengan baik dan sebagai mana semestinya.
Adapun unsur-unsur dalam manajemen itu adalah sebagai berikut:
  1. Sumber daya manusia (Man)
  2. Uang (Money)
  3. Bahan baku (Materials)
  4. Mesin (Machines)
  5. Metode (Methods) dan
  6. Pasar (Market)

Peran Penting Manajemen

Dalam pandangan Islam segala sesuatu harus dikerjakan secara baik dan benar, seseorang tidak boleh mengerjakan segala sesuatu dengan cara yang grusa-grusu, sembrono, asal-asalan tampa mengikuti proses dan aturan yang baik. Rasulullah SAW bersabda:

إن الله كتب الاحسان على كل شيئ (رواه المسلم)
Artinya: Allah SWT telah mewajibkan kepada kita berlaku sempurna (prefec) dalam segala sesuatu (HR. Muslim)

Didalam sebuah riwayat yang lain Rasulullah SAW bersabda:

إن الله يحب إذاعمل أحدكم العمل ان يتقنه (رواه البيهقى)
Artinya: Allah Sangat menyukai orang yang mengerjakan suatu pekerjaan, dilaksanakan secara profesional (HR. Al-Baihaqi)

Dari Hadits diatas dapat disimpulkan bahwa pendekatan manajemen merupakan suatu kenincayaan terlebih lagi dalam sebuah lembaga atau organisasi apapun itu bentuknya. Sebuah lembaga atau organisasi akan berjalan dan memperoleh hasil yang baik apabila dimenej dengan baik. Shahabat Ali Karramallahu wajhahu mengingatkan betapa pentingnya sebuah tatakelola (management) yang baik melalui maqolahnya sebagai berikut:

الحق بلا نظام يغلبه الباطل بنظام
Artinya: Kebenaran yang tidak termenej secara baik akan dikalahkan kebathilan yang termenej dengan baik. (Sayidina Ali KW)

Peter F. Drucker, seorang otoritas manajemen juga telah menekankan akan pentingnya manajemen dalam kehidupan sosial. Beliau juga pernah memproklamirkan bahwa manajemen yang efektif merupakan sumber utama bagi sebuah negara yang maju. Dan yang paling dibutuhkan untuk negara yang sedang berkembang.
Berdasarkan dari uraian-uraian penjelasan yang telah disebutkan sebelumnya mengenai pentingnya manajemen bagi sebuah organisasi, maka dapat disimpulkan kembali melalui poin-poin berikut ini:
  1. Membantu mencapai tujuan organisasi, karyawan dan masyarakat
  2. Mencapai efektivitas dan efisiensi Mengoptimalkan sumber daya
  3. Menunjang organisasi atau perusahaan yang lebih baik
  4. Menciptakan keseimbangan
  5. Meminimalisir biaya
Catatan Tambahan
  • Menurut Peter Drucker, efektifitas ialah melakukan sebuah pekerjaan yang benar sedangkan efisiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar.
  • Menurut Handoko, efektivitas adalah kemampuan untuk memilih sebuah tujuan yang tepat / peralatan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sedangkan efesiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar.
Semoga artikel Nurul Huda ini dapat memberikan manfaat, dan jangan lupa share ke media sosial ya! supaya sahabat kita yang lain juga mengetahuinya. Terima kasih

Anda mungkin menyukai postingan ini

2 komentar

  1. Zulfilailham
    Terima kasih ilmunua pak yai,semoga dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari.
  2. Nurul Huda
    Aaamin Mas bro