-->

Cara Mengganti Template Blog

Cara Mengganti Template Blog

S
ebelum ke pembahasan cara menggati tema blog, mimin jelaskan secara ringkas dulu tentang tema / template. Salah satu kelebihan blog / blogger / blogspot, ialah pengguna dapat mengganti tema / template blog sesuai dengan keinginan dan tujuan masing-masing.
Jika tujuan pengguna menggunakan blog sebagai sarana jualan online maka pilihlah tema yang cocok untuk jualan seperti Template Vio Toko, Misalnya jika tujuannya adalah untuk memposting berita pilihan yang tepat adalah mennggunakan tema / template magazine misalnya template Vio Magz, jika ingin memadukan keduanya apa bisa, bisa kembali lagi tergantung tema / template yang digunakan, misalnya template Link Magz dan seterusnya.
Jika pengunjung memiliki kelebihan dan ketekunan mau membuat template sendiri, ya juga bisa-bisa saja. Namun, jika pengguna masih awam / atau tidak punya cukup waktu dalam membuat tema / template sendiri, bisa menggunakan alternative yang lain memakai tema / template yang telah disediakan blogger atau melalui pihak ketiga seperti: BTemplate atau situs-situs lain menyediakan template blog, disana pengguna dapat mengunduhnya secara gratis, untuk tema / template dengan kualitas premium mimin rekomendasikan memakai template buatanya mas sugeng, untuk reviewnya silahkan lihat disini: Template Mas Sugeng
Oke sebelum memutuskan untuk mengganti tema, mimin sharing sedikit kriteria seperti apa sih tema / template yang baik itu sebenarnya?
  1. Template harus SEO Friendly, Tujuanya adalah agar mudah ditemukan oleh mesin pencari, agar konten-konten yang di publish nongol diurutan pertama.
  2. Template harus Mobile Friendly, sekarang pengguna internet telah bergeser secara signifikan, akibat dari semakin berkembangnya teknologi, dulu orang-orang hanya bisa mengasek intenet melalui desktop sekarang sudah bergeser ke mobile / handphone jadi memiliki tema blog yang mobile friendly ya sebuah keharusan.
  3. Template harus Fast Loading, gak lelet Kebanyakan pengguna internet membenci blog yang loadingnya super lama, enggak hanya pengguna saja yang membenci tetapi mesin pencaripun ikut membencinya.
  4. Terakhir memilik Desain yang Keren, Konten yang berkualitas jika dibareng tampilan yang keren tentunya semakin top, bisa menambah kenyamanan pengguna / pengunjung.
Mungkin dari empat (4) kriteria diatas sudah cukup untuk menjadikan website / blog menjadi kelas wahid di dunia maya selanjutnya oke akan mimin bahas sesuai judul postingan, Cara mengganti template di blog / blogger / blogspot secara umum ada dua (2) cara, yaitu mengganti template blog dengan template yang telah disediakan blogger, kedua mengganti template blog dengan template yang didapat dari pihak ketiga atau penyedia template.

Mengganti Template dengan Template Bawaan Blogger

Berikut langkah-langkah mengganti tema / template dengan template yang telah disediakan oleh blogger:
  1. Silahkan login / masuk ke blogger pengguna.
  2. Klik Tema. Nanti akan muncul beberapa pilihan tema yang telah disediakan blogger, tinggal geser kebawah saja untuk pilihan opsi yang lebih banyak.
  3. Jika sudah menemukan template yang sesuai silah klik pratinjau untuk melihat tampilan sebelum diterapkan, jika telah menemukan template yang sesuai dengan nice blog klik terapkan untuk menerapkan tema / template ke blog
  4. Selesai. langkah diatas adalah cara mengganti template blog dengan template bawaan blog

Mengganti Template dengan Template dari Penyedia Template Pihak Ketiga

Berikut langkah-langkah mengganti tema / template dengan template dari penyedia template pihak ketiga:
Unduhlah terlebih dahulu file template dari penyedia template blog gratis ataupun berbayar.
Ekstraklah terlebih dahulu jika file tema / template yang diunduh, masih berekstensi Zip atau RAR sampai menemukan file yang berekstensi xml
Silahkan masuk / login ke blogger

menu tema blog

Klik Tema. Nanti akan mucul tampilan jendela seperti dibawah

tampilan tema blog

Klik tanda titik tiga vertical, lihat gambar Nomor tiga (3) . nati akan muncul empat (4) menu tapi disini focus pada dua (2) menu yaitu cadangkan dan pulihkan, sebelum menginstal tema / template untung menghidari hal-hal yang tidak diinginkan silahkan cadangkan

menu pulihkan tema blog

download tema blog

Klik download, selesai mengcadangkan lanjut ke tema, Klik Pulihkan

upload tema blog

Klik Upload

cari tema blog

Cari dimana pengguna menyimpan tema yang selesai di download tadi, disini mimin menggunakan tema Vio Magz (template sejuta umat)
Klik Open, sampai disini cara menginstal template sudah selesai, silahkan dicek dengan cara merefres alamat url blog tersebut. Cukup sampai disini dulu sharing jendelaku terkait cara mengganti tema / template blog jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui formulir komentar dibawah ini.
Semoga artikel Nurul Huda ini dapat memberikan manfaat, dan jangan lupa share ke media sosial ya! supaya sahabat kita yang lain juga mengetahuinya. Terima kasih

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar